Ini Cara Cek Facebook, WhatsApp, Instagram, & Twitter Down

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
08 July 2019 18:10
Ini Cara Cek Facebook, WhatsApp, Instagram, & Twitter Down
Jakarta, CNBC Indonesia - Pekan lalu, warga net (netizen) ramai mengeluh soal Facebook, WhatsApp, dan Instagram down. Keluh kesah tersebut disampaikan lewat Twitter.

Pemadaman sebagian membuat frustrasi para pengguna jaringan sosial terbesar di dunia ini, banyak pengguna yang berkeluh kesah di Twitter. Sebanyak 14.000 lebih pengguna berkeluh kesah soal Instagram down, 7.500 pengguna mengeluh soal Facebook down dan 1.600 pengguna mengeluh soal WhatsApp down.


Lalu bagaimana cara mengetahui apakah Facebook, WhatsApp dan Instagram down? Ada beberapa cara yang ingin dicoba.


1. Untuk Facebook bisa mengakses situs developer.facebook

Foto:Situs developer.facebook (ist)

Situs ini dibuat Facebook untuk untuk para developer untuk membangun aplikasi pada platform Facebook. Dalam aplikasi ini juga diberitahukan soal status platform berjalan dengan baik atau down, seperti dikutip The Next Web, Senin (8/7/2019)

2. Untuk Twitter bisa mengakses situs Twitterstat.us

Foto:Situs Twitterstat.us (ist)

Situs ini dibuat Twitter untuk memudahkan pengembang untuk mengambil data dari Twitter dan mengolahnya. Situs ini juga memberikan informasi mengenai kondisi aplikasi. Ada beberapa informasi yang diberikan termasuk beroperasi dengan normal, maintenance hingga tak dapat diakses (major outage).

3. Situs pengecekan aplikasi down

Foto: ist

Untuk ini ada aplikasi downdetector.com dan outage.report. Kedua situs ini memberikan informasi soal aplikasi down secara langsung (realtime) lengkap dengan di wilayah atau kawasan mana kejadian tersebut terjadi.

Simak video tentang tumbangnya Facebook, WhatsApp dan Instagram di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading