Apa Kabar Rencana Alipay dan WeChat yang Ingin Masuk RI?

Fintech - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
20 June 2019 15:15
Apa Kabar Rencana Alipay dan WeChat yang Ingin Masuk RI?
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) menjelaskan rencana masuknya dua dompet digital paling populer China Alipay dan WeChat Pay. Kedua dompet digital ini ingin beroperasi di Indonesia untuk melayani para wisatawan China yang melancong ke Indonesia.

"Ini masih kita anlisis dan nanti akan ada tahap selanjutnya yakni tahap teknis dan akan kita liat bagaimana sistem yang akan digunakan. Nanti kami akan update lagi," ujar Deputi Gubernur BI Sugeng di Gedung BI, Jakarta, Kamis (20/6/2019).


Sebelumnya, Bank Indonesia telah memberikan izin operasional di Indonesia. Namun ada syarat khusus yang harus dipenuhi kedua dompet digital China ini.


Untuk beroperasi di Indonesia kedua dompet digital ini harus bekerja sama dengan Bank BUKU IV atau Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA, CIMB Niaga dan Bank Panin. Dompet digital ini tidak boleh digunakan oleh masyarakat Indonesia.

BCA dikabarkan sedang menjajaki kerja sama dengan Alipay. Sementara CIMB Niaga dan BNI menjajaki kerja sama dengan WeChat Pay. (roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading