Koin Digital akan Terbit, Facebook Didukung Visa & Mastercard

Fintech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
14 June 2019 11:14
Koin Digital akan Terbit, Facebook Didukung Visa & Mastercard
Jakarta, CNBC Indonesia - Uber, PayPal, Visa, dan Mastercard telah berkomitmen untuk mendukung proyek blockchain cryptocurrency Facebook yang akan datang, menurut laporan Wall Street Journal pada Kamis (13/6/2019).

Dilansir dari CNBC International, Jumat (14/6/2019), perusahaan raksasa teknologi Facebook telah mendaftar lebih dari selusin perusahaan untuk mendukung upaya blockchain-nya, menurut laporan Kamis. Perusahaan akan menginvestasikan sekitar US$10 juta (Rp 143 miliar) ke dalam konsorsium yang akan mengatur cryptocurrency Facebook.

Proyek crypto currency Facebook dilaporkan akan diluncurkan segera minggu depan. Beberapa laporan dalam beberapa bulan terakhir mengatakan Facebook mengumpulkan cryptocurrency terkait dengan nilai mata uang yang dikeluarkan pemerintah.

Perusahaan tidak segera menanggapi permintaan komentar.



Cryptocurrency Facebook


Spekulasi pengembangan koin digital ini ramai dibicara setelah tahun lalu Facebook menunjuk mantan eksekutif PayPal David Marcus untuk menjajaki peluang blockchain, teknologi yang mendukung cryptocurrency.

Beberapa outlet telah melaporkan bahwa perusahaan telah membangun mata uang digitalnya sendiri, di mana pengguna dapat menyimpan, memperdagangkan, dan menukar mata uang reguler, sebagian melalui aplikasi Facebook termasuk Messenger dan WhatsApp.

Laporan The Information menyebutkan Facebook juga merencanakan mesin seperti ATM fisik tempat pengguna dapat membeli mata uang tersebut.

Koin digital ini dianggap bisa menjadi mesin uang baru Facebook yang selama ini hampir semua pendapatan berasal dari iklan. Facebook memiliki 2 miliar lebih pengguna di seluruh dunia.

Pada acara tahun Facebook awal tahun ini, CEO Mark Zuckerberg menyatakan pembayaran sebagai area penting bagi perusahaan. Namun, kepala operasi Sheryl Sandberg dan CFO David Wehner "skeptis terhadap inisiatif internal ini," kata The Information.

Laporan itu mengatakan Facebook meminta organisasi pihak ketiga untuk bertindak sebagai "simpul" untuk membantu mengelola mata uang digital ini. Seorang juru bicara Facebook menolak berkomentar.

Simak video tentang cryptocurrency di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading