Mampukah OS Huawei Gantikan Apple iOS & Google Android?

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
14 June 2019 06:42
Jakarta, CNBC Indonesia - Huawei bergerak cepat dengan mendaftarkan nama merek dagang "Hongmeng" untuk sistem operasi (OS) yang dibuat sendiri ke setidaknya sembilan negara dan Eropa sebagai antisipasi aksi Google yang akan menghentikan pengiriman update software pada ponselnya 19 Agustus mendatang.

Dalam laporan dari badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), merek dagang Hongmeng telah didaftarkan ke negara seperti Kamboja, Kanada, Korea Selatan hingga Selandia Baru, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (13/6/2019)



Huawei juga telah mengajukan aplikasi ke Peru pada 27 Mei lalu, menurut lembaga anti monopoli, Indecopi. Di China, Huawei sudah mengajukan mengajukan merek dagang Hongmeng pada tahun lalu dan mendapatkan restu bulan lalu.


Hongmeng nantikan akan digunakan sebagai OS dari gadget milik Huawei yang kompatibel dengan smartphone, laptop, robot hingga televisi seluler.

Mampukah OS Huawei Gantikan Apple iOS & Google Android?Foto: Huawei (REUTERS/Dado Ruvic)

Huawei juga sudah mendekati developer untuk mempublikasikan aplikasinya di Android app ke AppGallery milik Huawei. Permintaan ini disampaikan Huawei melalui email kepada beberapa developer, seperti dikutip CNBC Indonesia dari PhoneArena, Selasa (11/6/2019).

Dalam email tersebut Huawei mengklaim telah menyediakan aplikasi ke 350 juta ponsel selama dua tahun terakhir di mana setengah di antaranya ada di luar China. AppGallery memiliki 270 juta pengguna aktif.



Bila banyak pengembang yang bergabung dengan Huawei, mereka berharap bisa menawarkan kepada pelanggan alternatif Google Play Store.

Dalam email tersebut, Huawei menjanjikan developer "dukungan penuh" untuk membantu mereka mempublikasikan aplikasi Android di AppGallery bersama dengan keanggotaan gratis. Saat ini komunitas pengembang memiliki 560.000 anggota.


Simak video tentang Huawei di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]



Lanjut ke halaman berikutnya >>>



(roy/prm)
1 dari 2 Halaman
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading