Menhub Budi Karya: Tak Ada Penurunan Tarif Ojol!

Fintech - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
12 June 2019 - 19:54
Menhub Budi Karya: Tak Ada Penurunan Tarif Ojol!
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, menegaskan tidak akan menurunkan tarif ojek online (ojol) dalam waktu dekat.

Demikian disampaikan kepada awak media usai rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, Rabu (12/6/2019). Pernyataan tersebut sekaligus mengklarifikasi kabar yang belakangan beredar bahwa akan ada evaluasi tarif ojol.


"Saya klarifikasi, tidak ada kita menurunkan tarif ojol. Clear," tegas bekas Direktur Utama PT Angkasa Pura II itu.


Menurutnya, kalau pun ada evaluasi tarif, pihaknya tidak akan mengambil kebijakan tanpa dasar. Ditegaskan bahwa setiap kebijakan selalu bermula dari usulan dari stakeholder terkait.


Hal senada diungkapkan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi. 

"Jadi menyangkut masalah tarif, saya perjelas ya. Jadi kalau ada isu mau diturunkan mau dinaikkan, sementara tidak," bebernya.

Foto: Infografis/Tarif Ojek Online/Arie Pratama

Budi Setiyadi beralasan, baru-baru ini tarif ojol sudah diuji coba di 5 kota besar. Setelah masa uji coba tersebut, tarif ojol tetap berlaku selama tiga bulan.

"Sementara dijalankan dulu dan besok saya akan ketemu dengan asosiasi pengemudi juga termasuk aplikator, akan jalankan dulu yang peraturan kemarin," tandasnya.


Penerapan tarif ini nantinya berlaku hingga batas waktu yang disesuaikan dengan berbagai pertimbangan. Salah satu pertimbangan utama yakni hasil survei yang akan dilakukan Kemenhub.

"Sampai nanti kita lihat perkembangan. Karena begitu dijalankan saya pasti akan melakukan survei terhadap pasar, terhadap pengemudi. Kalau memang itu masih visibel, nyaman bagi semuanya ya kenapa tidak kita jalankan terus," jelas.


"[Tarif] jarak pendek memang di dalam survei di kota lain sesuai, tapi untuk Jakarta perlu dilakukan pembenahan. Tapi kita belum ada niat menjalankan [pembenahan]," pungkasnya.

Simak video tentang transportasi online di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading