Hindari Tarif Impor Trump, Foxconn Buat iPhone di Luar China?

Fintech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
12 June 2019 - 10:58
Hindari Tarif Impor Trump, Foxconn Buat iPhone di Luar China? Foto: REUTERS/Stringer
Jakarta, CNBC Indonesia - Foxconn, assembler elektronik kontrak top dunia, mengatakan memiliki kapasitas yang cukup di luar China untuk memenuhi permintaan Apple di pasar Amerika jika harus menaikkan produksi agar bisa memenuhi permintaan iPhone akibat perang dagang Amerika Serikat (AS)-China.

Komentar itu muncul ketika Presiden AS Donald Trump mengancam akan menerapkan tarif tambahan atas barang impor China senilai US$ 300 miliar.

Mengutip Reuters, China merupakan tempat perangkat Apple dibuat. Negara ini juga merupakan terbesar ketiga Apple. Jika tambahan tarif barang impor diberlakukan maka iPhone yang dijual di AS akan lebih mahal ketimbang di luar AS.


"Dua puluh lima persen dari kapasitas produksi kami berada di luar China dan kami memiliki kapasitas yang cukup untuk memenuhi permintaan Apple di pasar AS," kata seorang anggota dewan pengurus Foxconn, Liu Young-way, Selasa (11/6/2019). Dia menambahkan bahwa jika Apple membutuhkannya, Foxconn dapat menyesuaikan lini produksinya.

Liu Young-way berbicara pada konferensi investor pertama Foxconn di Taipei. Perusahaan itu juga mengatakan memiliki posisi yang baik untuk mengatasi situasi perang dagang yang "semakin sulit" karena memiliki lini produksi di 16 negara.

Perang dagang "akan berdampak, tetapi akan terbatas," kata Liu.

Dia juga menekankan bahwa investasi Foxconn di Wisconsin lebih penting daripada sebelumnya karena perang dagang. Perusahaan itu sudah menjadi sorotan karena sejauh ini gagal untuk memenuhi target penciptaan lapangan kerja di negara bagian AS itu.

Simak video tentang Foxconn di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading