Intel Hingga LG Batasi Komunikasi Dengan Huawei, Ada Apa?

Fintech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
10 June 2019 - 19:11
Intel Hingga LG Batasi Komunikasi Dengan Huawei, Ada Apa? Foto: Warga melintas di depan kantor Huawei, Beijing, China. REUTERS/Thomas Peter/File Photo
Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa perusahaan teknologi terbesar di dunia telah menyampaikan kepada karyawannya untuk berhenti membahas teknologi dan standar teknis dengan rekan-rekan di Huawei Technologies Co Ltd.

Hal itu dilakukan setelah raksasa tekhnologi China itu dimasukkan ke dalam daftar hitam oleh Amerika Serikat (AS). Demikian disampaikan beberapa sumber yang mengetahui masalah tersebut, seperti dikutip CNBC Indonesia dari Reuters, Senin (10/6/2019).


Perusahaan chip Intel Corp dan Qualcomm Inc, perusahaan riset seluler InterDigital Wireless Inc dan operator Korea Selatan LG Uplus telah membatasi  komunikasi informal karyawan dengan Huawei, kata sumber tersebut.


Perusahaan teknologi AS membatasi komunikasi tersebut demi menghindari masalah yang mungkin muncul ketika dianggap pemerintah AS tidak patuh.

???Foto: Huawei (REUTERS/Thomas Peter)

Intel dan Qualcomm mengatakan mereka telah memberikan instruksi kepatuhan kepada karyawan, tetapi menolak untuk berkomentar lebih lanjut. Seorang juru bicara InterDigital mengatakan telah memberikan panduan kepada para engineer untuk memastikan perusahaan mematuhi peraturan AS.

Seorang pejabat dari LG Uplus mengatakan perusahaan "secara sukarela menahan diri dari berinteraksi dengan pekerja Huawei, selain bertemu untuk memasang peralatan jaringan atau masalah pemeliharaan."


LG Uplus mengeluarkan pernyataan kepada Reuters bahwa tidak ada kebijakan formal dalam perusahaan tentang membatasi percakapan dengan Huawei.

Huawei tidak memberikan komentar.

Diskusi semacam itu adalah bagian rutin dari pertemuan internasional di mana para engineer berkumpul untuk menetapkan standar teknis untuk teknologi komunikasi, termasuk generasi berikutnya dari jaringan seluler yang dikenal sebagai 5G.


Pemerintah AS telah memasukkan Huawei ke dalam daftar hitam (blacklist) yang melarang perusahaan AS berbisnis dengan Huawei tanpa lisensi pemerintah pada 16 Mei. Pelaksanaan aturan ini kemudian dilonggarkan selama 90 hari sehingga berlaku pertengahan Agustus 2019.

Simak video tentang Huawei di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading