Apple iOS 13 Vs Google Android Q, Mana yang Paling Unggul?

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
10 June 2019 15:28
Jakarta, CNBC Indonesia - Apple Inc baru saja memperkenalkan sistem operasi baru di ajang WWDC pekan lalu yang diberi nama iOS 13. OS baru ini menawarkan fitur dark mode hingga perbaikan dari sisi privasi.

Google pun mempersiapkan OS baru yang akan dinamakan Android Q. Google sedang mengujicobakan sistem operasi ini dengan meluncurkan Android Q beta 4. Selain fitur dark mode, sistem operasi ini fokus pada privasi dan penggunaan artificial intelligence (AS).


Kedua sistem operasi ini akan diluncurkan ke publik pada kuartal III-2019. Lalu mana yang paling bagus? Berikut perbandingan iOS 13 dengan Android seperti dikutip dari CNet, Senin (10/9/2019):



Pengelolaan Privasi
Unggul: iOS 13

Selama bertahun-tahun, Apple telah menjadikan privasi sebagai nilai jual. Tak seperti Google, Apple tidak menggantungkan bisnis pada iklan dengan target khusus berdasarkan data pengguna. Apple menggantungkan bisnis pada penjualan perangkat, software, dan layanan.

Pada WWDC, Apple mengatakan akan memberikan pengguna kontrol yang lebih besar mulai dari pembagian lokasi, membagikan informasi, dan pengawasan atas aplikasi yang tidak diinginkan. Apple juga akan memperbolehkan pengguna masuk secara anonim ke situs dan aplikasi tanpa terlacak.

Android Q juga akan memberikan kontrol yang lebih besar atas informasi pengguna yang ingin mereka bagikan melalui aplikasi dan layanan. Google sedang mengerjakan pembaruan browser Chrome yang menurut para developer akan menghambat pemblokiran iklan dan eksistensi privasi.


Lanjut ke halaman berikutnya >>>


Simak video tentang Google di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]



(roy/prm)
1 dari 6 Halaman
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading