Balas Presiden Trump, China Batasi Ekspor Teknologi ke AS?

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
10 June 2019 11:34
Balas Presiden Trump, China Batasi Ekspor Teknologi ke AS?
Jakarta, CNBC Indonesia - China sedang menyiapkan balasan atasĀ kebijakan Presiden Donald Trump mendeklarasikan darurat nasional di bidang teknologi yang membuat Huawei Technologies tidak bisa berbisnis dengan perusahaan Amerika Serikat (AS) tanpa lisensi.

Sanksi yang sedang disiapkan pemerintah China berupa pengetatan sejumlah ekspor teknologi ke AS, hal ini disampaikan oleh pemimpin redaksi surat kabar Global Times China yang dilansir CNBC Indonesia dari Reuters, Senin (10/6/2019).


Dalam cuitannya di Twitter, pimpinan redaksi Global Times China Hu Xinjin yang mendukung Communist China Party (CCP) ini mengatakan China sedang " membangun sebuah mekanisme manajemen untuk melindungi teknologi kunci China."


"Ini adalah langkah besar untuk meningkatkan sistem dan juga langkah untuk melawan penumpasan AS," Hu Xinjin menambahkan. "Setelah mulai berlaku, beberapa teknologi ekspor ke AS akan dikontrol."

beberapa jam setelah cuitan Hu Xinjin, media milik pemerintah China melaporkan Komisi Pembagunan dan Reformasi Nasional (NDRC) akan membuat sebuah studi untuk membangun "sistem daftar manajemen keamanan teknologi nasional."

Rencananya Beijing akanĀ merilis daftar entitas asing yang "tidak bisa diandalkan". China juga mengisyaratkan bahwa mereka akan membatasi pasokan tanah jarang ke Amerika Serikat.



(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading