Setelah Jadi Alat Bayar Tol, LinkAja Terus Berinovasi

Fintech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
01 June 2019 16:30
Setelah Jadi Alat Bayar Tol, LinkAja Terus Berinovasi
Jakarta, CNBC Indonesia- PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) atau LinkAja memperluas layanannya sebagai dompet digital yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Nantinya LinkAja bisa digunakan untuk membayar tol, kereta api, pesawat, asuransi, hingga pajak.

CEO LinkAja Danu Wicaksana mengatakan bersama PT Jasa Marga Tbk (JSMR)  tengah merencanakan solusi agar pengguna jalan tol tidak perlu tapping di gerbang tol, melainkan bisa menggunakan LinkAja.

"Challenge di gerbang tol adalah berhenti dna ngetap, kadang saldonya abis. Kami mau cari solusi agar antrian ini berkurang. Salah satunya dengan multiland free flow. Jadi pakai RFID, sehingga tidak perlu setop tapi hanya menurunkan kecepatan," kata Danu belum lama ini. 



Dengan begitu, nanti saldo LinkAja pengemudi bisa terpotong tanpa harus berhenti. Bagaimana jika saldo habis?

Menurut Danu bisa diberikan memberikan satu kali boleh lewat, namun nanti akan ada notifikasi harus isi saldo. Rencana ini tengah dalam penggodokan dan masih belum dipastikan kapan akan direaliasasikan. 

Pelan tapi pasti, LinkAja berkembang menjadi dompet digital yang esensial. Selain pembayaran jalan tol dengan LinkAja, nantinya juga bisa untuk menjadi alat pembayaran alat transportasi.

Saat ini uang elektronik masih digunakan sebagai alat bayar, namun dengan kehadiran LinkAja pengguna tidak perlu membawa banyak kartu. Selain itu, pengguna bisa melakukan tarik tuna melalui LinkAja di jaringan ATM Link. Penarikan uang bisa tetap dilakukan meski tidak memiliki rekening bank.

Fitur ini dihadirkan untuk menjangkau masyarakat yang belum memiliki rekening bank di daerah. Apalagi jaringan Link memiliki lebih dari 80 ribu jaringan ATM.

Bukan hanya tarik tunai, menyikapi masifnya penggunaan uang elektronik, LinkAja tidak mau ketinggalan. Nantinya top up uang elektronik keluaran bank Himbara bisa melalui LinkAja. Nantinya fitur ini bisa digunakan bagi pengguna android yang memiliki fitur NFC di ponsel, dan bisa mengisi melalui LinkAja dengan tap kartu uang elektronik.

Setelah top up saldo uang elektronik, jangan lupa isi saldo LinkAja. Tapi tidak perlu repot-repot ke ATM, atau menggunakan internet banking. Top up saldo nanti bisa lewat aplikasi LinkAja sendiri. Hal ini dilakukan sebagai langkah sinergi dengan bank BUMN, yakni menggabungkan uang elektronik. 

"Jadi nanti yang punya kartu debit tidak perlu Top Up di atm, tapi bisa langsung. Biarpun memang tidak semua nyaman dengan ini," kata Danu.


Meski demikian fitur ini masih membutuhkan waktu untuk membuat masyarakat terbiasa dengan proses ini, terutama menumbuhkan kepercayaan. LinkAja bukan hanya bisa digunakan secara personal, namun juga bisa dimanfaatkan untuk kemudahan bisnis.

LinkAja menyediakan solusi penyaluran dana untuk keperluan insentif, bonus, dan reward secara digital yang mudah dan transparan. Selama ini penyaluran dana dengan cara tunai memiliki resiko yang tinggi terkait keamanan dana saat ditarik dari bank hingga dana disalurkan.

Selain itu, penyaluran dana secara tunai juga memiliki risiko fraud atau penyalahgunaan oleh karyawan terkait dan pelaporannya pun belum real time serta sulit dipertanggungjawabkan. 

Jadi Alat Bayar Tol, LinkAja Terus BerinovasiFoto: dok.LinkAja
(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading