VPN Gratis Rawan Pencurian Data, yang Berbayar Lebih Aman?

Fintech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
23 May 2019 - 19:48
VPN Gratis Rawan Pencurian Data, yang Berbayar Lebih Aman?
Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam sehari terakhir Virtual Private Network (VPN) ramai direkomendasikan warga net (netizen) sebagai salah satu solusi pembatasan akses ke media sosial dan layanan perpesanan seperti WhatsApp dan LINE.

Ramai-ramai masyarakat mengunduh VPN gratis yang terdapat di Play Store dan Apple Store. Namun, VPN gratis harus dicurigai karena bisa saja menjadi akses bagi masuknya malware smartphone dan pengambilan data pengguna tanpa izin.


Maklum, publisher VPN harus mengeluarkan dana yang tidak murah. Mereka harus punya server, bandwitch, hingga harus punya alamat Internet Protocol (IP) pada beberapa negara.


Malware merupakan program yang dirancang dengan tujuan untuk merusak dan menyusupo perangkat. Malware mencakup virus, worm, trojan horse, spyware hingga adware yang tak jujur.

Lalu apakah VPN berbayar sudah pasti aman? Pengamat teknologi Heru Sutadi mengatakan VPN belum tentu aman.

"VPN sebenarnya ada yang membahayakan dan ada yang tidak. VPN nakal, data kita disedot, transaksi direkam," ujar Heru Sutadi kepada CNBC Indonesia, Kamis (23/5/2019).

VPN Gratis Rawan Pencurian Data, yang Berbayar Lebih Aman?Foto: VPN (Pixabay/Stefan Coders)

Meski VPN belum tentu aman, paling tidak VPN berbayar lebih rendah risikonya. Sebab perusahaan berinvestasi besar untuk meningkatkan keamanan, kemudian, kecepatan dan privasi untuk pengguna.

CoFounder vpnMentor, Ariel Hochstadt mengatakan satu aspek yang paling penting yang harus dipertimbangkan dalam memilik VPN adalah keamanan (security).

"VPN yang mencatat data Anda tidak aman untuk digunakan. Anda perlu memastikan Anda memilih VPN tanpa log sehingga data Anda tidak akan rentan terhadap kebocoran dan serangan," ujar Ariel Hochstadt seperti dikutip dari Forbes, Kamis (23/5/2019).

Asal tahu saja, pemerintah memutuskan untuk membatasi akses masyarakat ke media sosial dan layanan perpesanan untuk meminimalisir penyebaran konten negatif dan kabar hoaks yang membuat situasi politik tanah air semakin memanas.

Simak video tentang pembatasan akses ke WhatsApp-Instagram Cs di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading