GrabBajay Resmi Diluncurkan, Tarifnya Rp 3.000/km

Fintech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
23 May 2019 - 14:17
GrabBajay Resmi Diluncurkan, Tarifnya Rp 3.000/km
Jakarta, CNBC Indonesia - Grab Indonesia resmi meluncurkan layanan GrabBajay di Jakarta. Bajaj dipilih karena dinilai sebagai alternatif transportasi yang ikonik, dimana keberadaannya sudah sejak lama beroperasi di Jakarta.

Head of Public Affairs Grab Indonesia, Tri Sukma Anreianno mengatakan penggunaan transportasi ini sekaligus menjawab tantangan transportasi lokal guna mewujudkan kebebasan transportasi untuk masyarakat.

"Kenapa kita meluncurkan GrabBajay ini karena Grab ingin sebagai super app selalu mencari terobosan. Bukan cuma yang biasa tapi juga kearifan lokal. Di mana tidak semua daerah punya kendaraan roda tiga. Kita ingin semua masyarakat punya layanan transportasi unik aman nyaman terjangkau," katanya saat peluncuran GrabBajay di Gedung Arsip Nasional, Kamis (23/5/2019).



GrabBajay ini tersedia di lima titik diantaranya adalah Stasiun Jakarta Kota, ITC Mangga Dua, Kawasan Mangga Besar, Stasiun Sawah Besar dan Pasar Baru. Bagi penumpang yang ingin menggunakan layanan ini, cukup mendatangi titik tersebut dan menuju lokasi di mana bajaj tersebut mangkal.

Setelah itu, buka aplikasi Grab, dan pilih Grab Now untuk bisa menemukan pilihan GrabBajay selain layanan GrabCar dan GrabBike dalam layanan tersebut. Tarifnya, Rp 3 ribu per kilometer atau sekitar Rp 9 ribu untuk jarak 4-5 km.

"Gunakan Grab Now, lakukan pairing dengan (Bajaj) yang terdekat. Nanti akan connect dengan driver, dan akan meminta 6 digit kode untuk proses pemesanan selanjutnya," katanya menjelaskan.

Sementara itu, Grab bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dalam meluncurkan layanan ini. Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Masdes Arouffy mengatakan pemerintah sedang menyiapkan 88 shelter khusus kendaraan roda tiga ini.

Saat ini, sudah 15 Shelter di kawasan Jakarta Pusat yang siap digunakan. Satu shelter, akan digunakan untuk 4-5 Bajaj parkir, menunggu penumpang. Dengan Shelter Bajaj ini, diharapkan menjadi edukasi bagi masyarakat untuk tertib menggunakan transportasi umum.

"Edukasi ke masyarakat juga, gunakan transportasi naik dan turun di tempatnya," katanya.

GrabBajay Resmi Diluncurkan, Tarifnya Rp 3.000/kmFoto: Peluncuruan Grabbajay (CNBC Indonesia/Yuni Astutik)

Kehadiran GrabBajay ini diharapkan pula bisa membantu semangat pemerintah dalam mengatasi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh kendaraan bermotor. Saat ini, ada sekitar 60 Bajay yang sudah terdaftar dalam GrabBajay. Bajay yang terdaftar dipastikan menggunakan bahan bakar gas yang ramah lingkungan.

Saksikan Video Bintang Startup 2019

[Gambas:Video CNBC]
(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading