Ingin Sukses Seperti Jack Ma Alibaba? Begini Caranya

Fintech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
21 May 2019 - 12:24
Ingin Sukses Seperti Jack Ma Alibaba? Begini Caranya
Jakarta, CNBC Indonesia - Pendiri perusahaan teknologi raksasa Alibaba Jack Ma adalah pemimpin yang tidak tahu cara koding untuk membuat program. Tetapi Ia dapat membuat salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia dengan ketekunan.

Ia memulai dengan meyakinkan masyarakat China bahwa Internet itu nyata dan itu terbukti dengan Alibaba yang telah mencetak pendapatan US$56,152 miliar (Rp 811 triliun).

Jack Ma berbicara dengan Charlie Rose Selasa di konferensi Gateway '17 Alibaba di Detroit tentang perjalanannya, dan memiliki beberapa saran untuk pengusaha - baik mereka yang berharap untuk masuk ke pasar China maupun secara umum.


Berikut adalah lima kunci sukses jangka panjang dari Jack Ma:

1. Orang-orang perlu mempercayai Anda

Orang-orang yang mempertaruhkan segalanya untuk Anda, dari karyawan hingga investor. Mereka harus memercayai Anda. Ma mengatakan kepercayaan adalah bagian integral dari kesuksesan Alibaba.

"Kepercayaan itulah yang membuat kita bersatu," kata Ma. "18 [investor] mempercayai saya. Karena mereka memercayai Saya, Saya harus sangat loyal kepada mereka dan setia pada misi yang kami miliki," tambahnya

Jack Ma mengatakan kepercayaan kepadanya dan misi perusahaan adalah hal paling berharga yang bisa ia miliki.

2. Lupakan kompetisi, fokus pada pelanggan Anda

Ma tidak terlalu khawatir tentang persaingan Alibaba. Semua yang dilakukan Alibaba tergantung pada kebutuhan pelanggan. Alasannya sederhana: untuk mempertahankan dalam jangka panjang, kepuasan pelanggan harus menjadi inti dari pengambilan keputusan Anda.

"Jika pelanggan kami mengatakan 'Jack Ma kamu harus membangun lebih banyak gudang,'" Jack Ma menjelaskan, "Kami membangun gudang. Kami melakukannya bukan karena ada uang; kami melakukannya karena itu perlu."

Ketika ditanya siapa yang dia lihat sebagai pesaing Alibaba, Jack Ma mengatakan dia tidak tahu. "Sebagai pengusaha, jangan anggap tetangga Anda, Tom, sebagai pesaing," katanya. "Jangan memfokuskan pandanganmu pada pesaing. Kamu terlalu kecil untuk fokus pada tetangga atau pesaingmu. Fokus pada pelangganmu. Membuat pelangganmu bahagia itu penting."

Ingin Sukses Seperti Jack Ma Alibaba? Begini CaranyaFoto: Infografis/Kriteria jack ma dalam merekrut pekerja/Aristya Rahadian Krisabella

3. Pikirkan bisnis Anda dalam istilah global

Bagi Jack Ma, masa depan adalah global. Dia percaya bisnis kecil harus beroperasi secara internasional untuk bertahan dalam jangka panjang. "Jika Anda tidak mencoba mengglobalisasi bisnis Anda melalui Internet, Anda mungkin tidak memiliki peluang bisnis," kata Jack Ma.

Dia berpendapat bahwa bisnis lokal hanya akan semakin kompetitif. Dia mendorong usaha kecil untuk memikirkan bagaimana mereka bisa menjual produk di seluruh dunia.

4. Pekerjakan anak muda dan pekerjakan orang pintar

"Ketika kita masih muda, tidak ada yang memberi kita kesempatan," kata Jack Ma. "Sekarang, kita harus memberi orang muda kesempatan. Orang muda melakukan pekerjaan yang jauh lebih baik daripada kita."

Dia berpendapat bahwa warisan pribadi tidak lebih penting daripada membangun tim yang akan bertahan lama dan memberi mereka kesempatan untuk melakukannya. Dengan nada yang sama, Ma mengatakan dia mempekerjakan orang yang lebih pintar darinya karena dia tahu itu yang terbaik untuk perusahaan.

5. Terus berjalan

Saran terakhir Ma untuk para wirausahawan mencerminkan perjalanannya dengan Alibaba: Teruskan saja. Ma mengatakan ketekunan itu sangat diperlukan. Karena "Hari ini sangat sulit," katanya kepada Rose. "Besok itu sulit, tetapi lusa sangat indah."
Simak video deretan orang terkaya di dunia di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading