Penundaan Peluncuran Galaxy Fold Bisa Rusak Reputasi Samsung

Fintech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
23 April 2019 13:55
Penundaan Peluncuran Galaxy Fold Bisa Rusak Reputasi Samsung
Jakarta, CNBC Indonesia - Keputusan Samsung untuk menunda rilis ponsel lipat seharga hampir US$ 2.000 atau sekitar Rp 30 juta per unitnya, akan merusak reputasi mereknya dalam jangka pendek.

Meski begitu, industri smartphone yang lesu masih yakin raksasa teknologi asal Korea Selatan itu tetap mampu menghasilkan ponsel unggulan, kata para analis, Selasa (23/4/2019).

Melansir CNBC International, awalnya Samsung akan meluncurkan smartphone Galaxy Fold pada 26 April. Namun, beberapa tim pengulas Galaxy Fold, termasuk dari CNBC International, melaporkan ada masalah terkait ponsel itu.


Samsung, Senin, langsung menanggapi hal ini dan mengatakan telepon itu masih "perlu perbaikan lebih lanjut" sebelum dirilis ke pelanggan. Perusahaan menambahkan bahwa tanggal rilis baru akan diumumkan "dalam beberapa minggu mendatang."


Saham Samsung diperdagangkan turun 0,33% pada Selasa sore, lebih rendah dari indeks acuan Korea Selatan, Kospi, yang diperdagangkan hampir flat.

Daniel Yoo, kepala strategi global dan penelitian di Kiwoom Securities mengatakan jika peluncuran ponsel ditunda terlalu lama, maka itu akan menjadi sumber kekhawatiran bagi para pemangku kepentingan perusahaan.

Dia mengatakan kepada CNBC melalui email bahwa ponsel Samsung Galaxy S10 dipandang sebagai perangkat yang "sangat memuaskan", tetapi peluncuran ponsel Galaxy Fold akan menentukan apakah pembuat smartphone terbesar di dunia itu dapat tetap menjadi pemimpin di sektor ini dan terus memainkan peran penting dalam kemajuan teknologi.

"Saya berharap Samsung menyelesaikan semua masalah sebelum tanggal peluncuran resmi yang baru diumumkan, dan tanggal tersebut kemungkinan besar akan terjadi sebelum akhir kuartal kedua 2019," katanya, merujuk pada tiga bulan yang akan berakhir pada Juni.

"Saya ragu bahwa penundaan itu akan berlangsung lama karena perusahaan telah memiliki pengalaman dalam peluncuran Note 7."

Penundaan Peluncuran Galaxy Fold Bisa Rusak Reputasi SamsungFoto: Ponsel Samsung Galaxy Fold ditampilkan di layar pada acara Samsung Electronics Co Ltd Dibongkar di San Francisco, California, AS, 20 Februari 2019 REUTERS / Stephen Nellis

Bob O'Donnell, presiden, pendiri dan kepala analis di Technalysis Research, mengatakan kepada "Squawk Box" CNBC, Selasa, bahwa penundaan tersebut akan memengaruhi merek Samsung.

"Memang, (Galaxy Fold) itu akan menjadi terkenal, tapi saya tidak berpikir itu akan merugikan. Tidak seperti masalah baterai Note 7 atau semacamnya," katanya,. Ia menambahkan bahwa raksasa smartphone itu "perlu untuk memperbaiki masalah ini."

Pada 2016, Samsung mengalami salah satu kemunduran teknologi terburuk dalam beberapa waktu terakhir setelah beberapa perangkat Galaxy Note 7 yang rusak mengalami kegagalan fungsi baterai dan terbakar secara tiba-tiba.


Saksikan video perbandingan ponsel lipat Samsung dan Huawei berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading