Tahun Depan, Tesla Luncurkan Taksi Online Tanpa Sopir

Fintech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
23 April 2019 12:36
Tahun Depan, Tesla Luncurkan Taksi Online Tanpa Sopir
Jakarta, CNBC IndonesiaTesla Inc berencana meluncurkan robotaxi pertamanya tahun 2020 sebagai bagian dari rencana pengembangan bisnis perusahaan. Hal ini diungkapkan oleh CEO Tesla Elon Musk dalam acara Tesla Autonomy Day, di California, AS.

Robotaxi adalah layanan taksi tanpa sopir (self-driving car). Taksi ini nanti akan mengadopsi artificial intellegence yang terhubung dengan internet.

"Saya sangat percaya diri memprediksi tahun depan akan ada robotaxi tanpa sopir," ujar Elon Musk seperti dikutip dari CNBC International, Selasa (23/4/2019).


"Layanan ini tidak akan tersedia pada semua wilayah karena kami belum mendapat persetujuan dari semua regulator, tetapi saya percaya diri kami akan mendapatkan persetujuan dari beberapa regulator, terwujud tahun depan."

Tahun Depan, Tesla Luncurkan Taksi Online Tanpa SopirFoto:  Aplikasi ride-hailing robotaxi milik Tesla. (Tesla)

Elon Musk optimistis hal ini bisa terealisasi berkaca pada banyaknya mobil listrik Tesla yang sudah mengaspal di jalanan. Untuk menikmati layanan ini pengguna tinggal meningkatkan software-nya.

Mobil Tesla produksi terbaru sudah dilengkapi hardware on-board self-driving berbasis chip komputer. Elon Musk juga memprediksi dalam dua tahun ke depan mobil keluaran Tesla tidak akan memiliki pedal atau setir (steering wheel).

Tahun Depan, Tesla Luncurkan Taksi Online Tanpa SopirFoto: Tesla (REUTERS/Aly Song)

Untuk layanan ini Tesla akan menggunakan model bisnis yang mirip dengan Uber atau Airbnb. Tesla akan mengenakan biaya sebesar 25 persen hingga 30 persen dari pendapatan disetiap perjalanan. Bagi wilayah yang tak kuat penetrasinya, Tesla akan menyediakan armada khusus robotaxi.

Elon Musk telah membicarakan tentang Tesla Network dan ambisinya memperbolehkan pemilik memasukkan mobilnya ke aplikasi ride-hailing pada 2016 silam.

Simak video mewahnya mobil Tesla X di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading