5 Hal yang Masih Menggantung Pasca Damai Apple - Qualcomm

Fintech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
18 April 2019 18:19
5 Hal yang Masih Menggantung Pasca Damai Apple - Qualcomm
Jakarta, CNBC Indonesia - Apple dan Qualcomm memutuskan untuk berdamai setelah perang paten selama dua tahun di pengadilan. Dalam pengumumannya mereka akan "mengabaikan semua litigasi antara kedua perusahaan di seluruh dunia."

Damainya kedua raksasa ini mengejutkan banyak pihak. Pengumuman publik ini membuat pertanyaan besar tentang apa yang akan terjadi dan implikasi besar untuk ponsel 5G pertama dari Apple, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (18/4/2019).

Sebelumnya, Apple mengumumkan akan menggugat Qualcomm kembali pada Januari 2017 atas tuduhan biaya paten yang tidak adil untuk modem ponsel pintar. Qualcomm berusaha memblokir iPhone di pasar utama Apple karena pelanggaran paten. Bahkan Qualcomm mengklaim Apple telah mencuri teknologi miliknya dan memberikannya kepada pesaing utamanya, Intel.


Sekarang, Apple telah setuju untuk membayar Qualcomm dalam jumlah yang tidak diungkapkan, dan kedua perusahaan telah menyetujui perjanjian lisensi paten global 6 tahun yang dapat diperpanjang 2 tahun lagi. Kesepakatan itu juga mencakup persyaratan Qualcomm untuk memasok Apple dengan chip.


Semua proses pengadilan sekarang telah dibatalkan, tetapi masih banyak yang kita tidak tahu tentang kesepakatan atau bagaimana hubungan baru mereka akan bekerja di masa depan. Inilah lima pertanyaan terbesar kami:

Mengapa Apple tiba-tiba memilih untuk berdamai?
Selama 2 tahun terakhir, Apple telah berjuang keras melawan Qualcomm. Mereka telah menahan semua pembayaran royalti untuk Qualcomm sementara litigasi sedang berlangsung dan beralih menggunakan modem Intel secara eksklusif untuk iPhone XS, dan mulai mencari pemasok modem lainnya.

Pada bulan November 2018, CEO Qualcomm Steve Mollenkopf mengatakan bahwa kedua perusahaan "di ambang pintu untuk menemukan resolusi," pengacara Apple menanggapinya dengan jawaban "belum ada pembicaraan dalam beberapa bulan.." Apa yang terjadi, atau yang akan terjadi, yang membuat Apple menjatuhkan segalanya dan menyetujui penyelesaian?

Bagaimana faktor Intel dalam keputusan Apple?

Beberapa jam setelah Apple dan Qualcomm mengumumkan penyelesaian mereka, Intel mengatakan mereka akan keluar dari bisnis modem seluler 5G. Ini adalah suatu kebetulan, karena mereka mengumumkan ini pada hari yang sama dengan penyelesaiannya.

John Gruber berteori bahwa Apple setuju dengan Qualcomm karena Intel keluar dari bisnis modem 5G smartphone atau hal itu terjadi karena Apple dan Qualcomm rujuk.

5 Hal yang Masih Menggantung Pasca Damai Apple - QualcommFoto: Reuters

Apa ketentuan dari perjanjian itu?
Perjanjian tersebut akan menyumbangkan US$2 per saham untuk pendapatan Qualcomm, tetapi belum diketahui secara spesifik berapa banyak yang Apple bayarkan, atau berapa banyak yang akan dibayar di masa depan untuk chip dan paten Qualcomm.

Kesepakatan eksklusivitas modem itu tidak mungkin, mengingat di masa lalu Uni Eropa mendenda Qualcomm US$1,2 miliar untuk perjanjian serupa karena itu mebuat pesaing pembuat chip meninggalkan pasar.

Bahkan jika kesepakatan baru tidak menuntut eksklusivitas penuh, secara teoritis masih dapat mencakup komitmen lain dari Apple, yang dapat mempengaruhi chipset mana yang akan membeli. Di masa lalu, Apple telah membagi pesanan modem antara Qualcomm dan Intel.

Kapan iPhone 5G pertama akan diluncurkan?
Saat ini, sebagian besar smartphone 5G yang telah diumumkan, termasuk Samsung Galaxy S10 5G, menggunakan modem dari Qualcomm. Sepertinya Apple akan memiliki beberapa pilihan selain bergabung dengan mereka jika ingin merilis iPhone 5G dalam waktu dekat

Tinggal 5 bulan lagi, Apple akan merilis iPhone tahun ini dan tidak mungkin akan meluncurkan modem 5G terintegrasi pada saat itu. Hal ini membuat Bloomberg memperkirakan bahwa ponsel 5G Apple pertama akan diluncurkan pada tahun 2020.

Kapan Apple akan membangun modem 5G sendiri?

Apple tidak ingin hanya mengandalkan Qualcomm untuk modem 5G-nya. The Verge melaporkan bahwa setelah melakukan percakapan dengan Samsung, MediaTek, dan Huawei. Mereka mengatakan "terbuka" untuk menjual chip ke perusahaan (meskipun pembicaraan khusus antara kedua perusahaan belum berlangsung).

Tetapi dalam jangka panjang, Apple mungkin berencana untuk mengembangkan chip 5G sendiri, yang dapat dibantu dengan membeli IP modem Intel sekarang setelah Intel keluar dari bisnis. Salah satu analis yang dikutip oleh Bloomberg mengatakan Apple mungkin siap untuk memproduksi modem sendiri dalam waktu 3 tahun.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading