Bank Ramai-ramai Buat Fitur Pembukaan Rekening Online

Fintech - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
16 April 2019 18:22
Bank Ramai-ramai Buat Fitur Pembukaan Rekening Online
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank umum ramai-ramai menyediakan fitur pembukaan rekening online (daring) melalui aplikasi. Di era serba digital bank berlomba memberi kemudahan dan pengalaman terbaik kepada nasabahnya.

Bukan hanya Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) 4 saja yang memiliki fitur ini, BUKU 3 juga mulai melengkapi bisnis digital ini.

PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) yang masuk kategori BUKU 4 baru saja meluncurkan fitur pembukaan rekening online melalui aplikasi BCA Mobile. Tanpa harus datang ke kantor cabang, nasabah yang sama sekali belum memiliki rekening BCA bisa membuka rekening melalui fitur ini.


Presiden Direktur PT BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan layanan ini menyasar milenial yang mengandalkan smartphone dalam beraktivitas. BCA melakukan soft launching fitur ini pada pertengahan Maret lalu. Sejak soft launching tersebut hingga dirilis secara resmi pekan lalu, tercatat sudah ada 8.000 nasabah yang membuka rekening baru melalui BCA Mobile. BCA menargetkan setiap tahunnya ada 1 juta rekening baru yang dibuka melalui fitur ini.

"Kita setiap tahun ada 1 jutaan rekening yang bertambah. Dengan pembukaan rekening online ini kalau lancar bisa dua kali lipat. Ini sesuatu yang baru dan harus kita coba secara bertahap," kata Wakil Presiden Direktur BCA Armand Wahyudi Hartono dalam acara Launching Pembukaan Rekening via BCA Mobile, Jakarta, Kamis (11/4/2019).

Selain BCA, lebih dulu bank-bank dari beragam kategori usaha telah meluncurkan fitur ini. PT Bank Bukopin Tbk (BBKP), Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) 3 ini meluncurkan fitur pembukaan rekening sejak akhir 2017 lalu. Calon nasabah Bank Bukopin bisa membuka rekening baru melalui aplikasi Wokee.

Bank DBS Indonesia yang masuk BUKU 3 juga menyediakan fitur pembukaan rekening melalui aplikasi Digibank. Begitu juga dengan PT Bank Danamon Tbk (BDMN) yang juga merupakan BUKU 3 juga menyediakan layanan yang sama sejak awal tahun 2019. Calon nasabah Bank Danamon harus mengunduh lebih dulu aplikasi D-Bank Registration untuk membuka rekening baru.

Bank Ramai-ramai Buat Fitur Pembukaan Rekening OnlineFoto: BCA luncurkan Pembukaan Rekening Online (CNBC Indonesia/Yanurisa Ananta)

Bank BUKU 4 sekelas PT Bank Rakyat Indonesia (BBRI) juga sudah menerapkan fitur ini melalui aplikasi BRImo. Melalui BRImo, calon nasabah dapat melakukan pembukaan rekening BRI Britama Muda. Caranya dengan login dengan finger print/face recognition, dan akses info promo.

Umumnya pembukaan rekening melalui aplikasi masing-masing bank ini dilakukan melalui aplikasi yang dimiliki bank itu sendiri. Dengan bermodal koneksi internet dan smartphone berbasis Android atau iOS pembukaan rekening sudah bisa dilakukan.

Pertama, calon nasabah harus melakukan registrasi lebih dulu ke aplikasi masing-masing bank. Setelah memilih fitur pembukaan rekening, calon nasabah akan diminta mengunggah foto wajah, E-KTP, tanda tangan, dan nomor NPWP.

Meski pembukaan rekening dilakukan secara online, bank-bank memstikan keamanan calon nasabah dengan menerapkan aspek know your customer (KYC). Bila sebelumnya aspek ini diterapkan dengan bertatap muka di kantor cabang, kini calon nasabah dan costumer service officers (CSO) hanya harus melakukan video call. Proses ini dilakukan untuk memastikan data diri calon nasabah sama dengan keterangan pada pengisian formulir awal.

Sejumlah bank sebetulnya sudah memiliki fitur pembukaan rekening baru pada aplikasinya. PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) misalnya, sudah memiliki fitur pembukaan rekening baru namun hanya bisa dilakukan oleh nasabah yang sudah memiliki akun rekening Bank CIMB Niaga.

Bulan ini, Bank CIMB Niaga baru akan merilis fitur pembukaan rekening untuk pertama kali. Direktur Utama Bank CIMB Niaga Tigor Siahaan memaparkan 95% total transaksi Bank CIMB Niaga sudah dilakukan secara digital. Hal ini membuat bank BUKU 4 ini berinisiatif membuka fitur pembukaan rekening secara online melalui aplikasi Go Mobile. Menurut Tigor saat ini dengan mobilitas yang kian tinggi, nasabah menuntut kecepatan dan kepraktisan.

Bank Ramai-ramai Buat Fitur Pembukaan Rekening OnlineFoto: ist

"Sekitar 95% transaksi kita itu di luar [kantor] cabang. Itu sudah akan terus meningkat. Memang pengaruhnya adalah bahwa masyarakat akan terus menerus beralih ke digital. Siapa sih yang mau ngantre?" ungkap Tigor usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), Senin (15/4/2019).

Namun, tidak semua bank BUKU 4 memiliki fitur ini, PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) hanya memiliki fitur pembukaan rekening bagi nasabah eksisting, belum bisa digunakan untuk nasabah baru. Mengenai hal itu, Bank Mandiri sedang dalam proses persiapan.

Begitu juga dengan bank BUKU 2 sekelas PT Bank BNI Syariah tengah mempersiapkan fitur pembukaan rekening secara online.

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading