H-1 Pemilu, Cek Dulu lindungihakpilihmu.kpu.go.id

Fintech - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
16 April 2019 14:38
H-1 Pemilu, Cek Dulu lindungihakpilihmu.kpu.go.id
Jakarta, CNBC Indonesia - Hanya dalam hitungan jam, masyarakat Indonesia yang memiliki hak pilih akan berbondong-bondong mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) dalam rangkaian Pemilihan Umum 2019.

Para pemilih akan memilih presiden, wakil presiden, anggota DPR, anggota DPRD provinsi, anggota DPRD kabupaten/kota, dan anggota DPD.




Sebelum melangkah ke TPS, ada baiknya calon pemilih mengunjungi laman https://lindungihakpilihmu.kpu.go.id. Di situs itu, pengunjung dapat mengecek status diri sendiri maupun kerabat sebagai pemilih. Caranya mudah, yaitu tinggal memasukkan nama dan nomor induk kependudukan.

Jika terdaftar, laman akan memuat nama, kelamin, lokasi pemilihan, dan TPS tempat memilih. Namun, jika tidak terdaftar akan terdapat keterangan bertuliskan: "Alert! ANDA BELUM TERDAFTAR ATAU KOMBINASI NIK DAN NAMA SALAH."

H-1 Pencoblosan, Yuk Melipir ke lindungihakpilihmu.kpu.go.idFoto: Pekerja memindahkan materi pemilu untuk didistribusikan ke TPS dari sebuah gudang di Jakarta, Indonesia, 16 April 2019. (REUTERS / Willy Kurniawan)


Sehari sebelumnya, situs https://lindungihakpilihmu.kpu.go.id sempat down. Menurut penjelasan Komisi Pemilihan Umum (KPU), hal itu dipicu oleh pemeliharaan sistem teknologi informasi (IT). Selepas pemeliharaan tuntas, laman itu pun dapat diakses seperti sediakala.


Simak video terkait pemilu 2019 di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]


(miq/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading