2 GrabKitchen Dibuka di DKI, Sediakan Nasi Padang & Burger

Fintech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
16 April 2019 12:55
2 GrabKitchen Dibuka di DKI, Sediakan Nasi Padang & Burger Foto: Grab (dok. Grab)
Jakarta, CNBC Indonesia - Grab resmi membuka dua dapur delivery-only, Grabkitchen yang berlokasi di Jakarta Pusat. Terletak di bilangan Cideng dan Kramat, dapur ini bakal memanjakan pelanggan yang tinggal, bekerja dan berkunjung di sekitar wilayah tersebut.

Dikutip dari keterangan tertulis Grab, Senin (15/4/2019) dapur ini dikenal dengan istilah dapur satelit yang menggabungkan sejumlah brand makanan dan minuman dalam satu dapur sentral. Tujuan jelas, untuk memenuhi kebutuhan di wilayah tertentu.

GrabKitchen juga diharapkan akan mempersingkat waktu pengantaran sehingga pengalaman pelanggan semakin meningkat. Dengan tambahan dua dapur ini, artinya GrabFood telah mengoperasikan tiga GrabKitchen di Jakarta.


"Kami berkreasi dengan cara inovatif untuk melayani pelanggan, di mana GrabKitchen menjadi salah satu alasan bisnis pesan antar makanan tumbuh pesat di Indonesia dan Asia Tenggara. Bahkan volume pengiriman GrabFood tumbuh 10 kali lipat dari Desember 2017 hingga Desember 2018," kata Vice President of GrabFood, Tomaso Rodriguez.

Tahun ini, Grab berencana membuka lebih banyak GrabKitchen di Indonesia dan mengundang merchant yang berminat untuk bergabung. Untuk itu, teknologi dan tim operasional lapangan GrabFood telah melakukan analisis mendalam tentang pola perjalanan dan makan. Dengan riset konsumen, GrabFood telah menjalin kerjasama dengan 11 merchant yang menjadi favorit di wilayah tersebut.

Adapun 11 merchent tersebut diantaranya adalah Ayam Asix, Don Burger, HAUS!, RM Pilar Minang, Makaroni Ngehe, Piscok Super, Bakmi Setiabudi, Amarly Food, Kebab Monster, Fish Street, dan Bakso Aci Juara.

Presiden Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata juga angkat bicara terkait GrabKitchen ini. Menurutnya, GrabKitchen akan memberikan peluang sukses terbaik untuk merchant yang bekerjasama.

"Kami akan terus memanfaatkan data untuk membantu merchant-merchant mengoptimalkan bisnis mereka, mencapai potensi pendapatan baru, dan menjawab permintaan pasar yang belum terpenuhi," katanya.

Meskipun dapur delivery-only merupakan konsep yang relatif baru di Indonesia, hasil dari GrabKitchen pertama di Jakarta Barat menunjukkan sejumlah keuntungan. Di antaranya waktu pengantaran lebih cepat, dengan varian sajian yang lebih banyak.

Selanjutnya, siap huni bebas sewa di mana merchant yang bergabung tidak perlu membayar sewa tempat dan membayar kelengkapan dapur. Bahkan, merchant di dapur pertama Grab menerima lebih banyak order setiap harinya dan menjadi bagian dari 1 persen merchant dengan pendapatan tertinggi di antara UMKM yang bergabung dalam platform Grab.

Terakhir, lebih banyak pekerjaan dan penghasilan tentunya lebih tinggi. Maksudnya, dengan banyaknya pesanan berarti lebih banyak pekerjaan untuk mitra pengemudi. Mitra pengemudi dalam platform Grab menerima 40% lebih banyak penghasilan dari pesanan GrabFood, di samping transportasi.

Menariknya, untuk merayakan peluncuran dua dapur terbaru GrabKitchen, bagi pelanggan yang berada di radius lima kilometer dari Cideng dan Kramat bisa menikmati diskon biaya pengantaran dan hanya membayar Rp1.000 berlaku mulai 30 April.

Saksikan Video Laju Bisnis Grab Indonesia Usai Jadi Decacorn

[Gambas:Video CNBC]
(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading