Saingi BCA, CIMB Niaga Bikin Buka Rekening Online Bulan Ini

Fintech - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
15 April 2019 18:59
Saingi BCA, CIMB Niaga Bikin Buka Rekening Online Bulan Ini Foto: Sukuk dan Obligasi CIMB Niaga (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) akan meluncurkan layanan pembukaan rekening online melalui aplikasi Go Mobile. Rencananya layanan ini akan diluncurkan dalam satu atau dua minggu ke depan.

Direktur Utama Bank CIMB Niaga Tigor Siahaan menjelaskan selama ini Bank CIMB Niaga sudah memiliki layanan pembukaan rekening baru, tapi hanya untuk nasabah yang sebelumnya sudah memiliki rekening. Melalui layanan ini nantinya nasabah baru CIMB Niaga bisa membuat rekening pertama melalui aplikasi Go Mobile. 


"Dengan mobile banking nanti tidak perlu ke mana-mana lagi, hanya on your phone, termasuk pembukaan akun rekening baru. Kita buka akun untuk nasabah yang existing itu sudah bisa, tapi buka akun untuk nasabah baru itu belum bisa. Dalam 1-2 minggu ini [akan diluncurkan]," jelas Tigor usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), Jakarta, Senin (15/4/2019). 


Di era serba digital ini, Tigor melanjutkan, tidak dipungkiri nasabah tidak pergi ke kantor cabang untuk melakukan transaksi. Di CIMB Niaga 95% transaksi dilakukan melalui digital. Di sisi lain, kantor cabang tetap akan dibutuhkan.

Tigor menambahkan sebagian besar anggaran belanja modal memang digunakan untuk pengembangan digital. Tigor tidak menyebut berapa besaran anggaran yang digunakan untuk pengembangan teknologi. Tidak semua pengembangan teknologi membutuhkan biaya besar karena tim internal bisa mengembangkan sendiri. 

"Tahun ini kebanyakan digital. Kita akan ada penambahan digital launch tahun ini di kampus-kampus atau di mal sehingga mungkin feel-nya beda ya," tutur Tigor. 

Layanan pembukaan rekening melalui aplikasi Go Mobile ini juga diharapkan dapat meningkatkan komposisi dana murah (current account savings account/CASA) tahun ini menjadi lebih dari 55%. Adapun saat ini CASA Bank CIMB Niaga yang sebesar 53%-54%.

"Pasti [berpengaruh ke CASA]. Jadi kita akan meluncurkan online account opening melalui our mobile banking." tandasnya.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading