Jadi Perdebatan Jokowi & Sandi, Ini Mudarat PUBG Cs Bagi RI

Fintech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
15 April 2019 13:47
Jadi Perdebatan Jokowi & Sandi, Ini Mudarat PUBG Cs Bagi RI Foto: Reuters
Jakarta, CNBC IndonesiaGame online seperti Mobile Legends, PUBG dan sejenisnya tiba-tiba masuk dalam debat capres dan cawapres putaran ke-5 yang berlangsung di The Sultan Hotel, Sabtu (13/4/2019).

Game online menjadi bahan pembahasan setelah capres petahana 01 Jok Widodo menanyakan pengembangan industri game online ke depan. Pertanyaan ini dijawab oleh cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno.

Meski menyimpan potensi bisnis dan sedang booming di Indonesia, game online nyatanya bisa membawa dampak buruk bagi perekonomian Indonesia.


Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara menjelaskan ketika seseorang mengunduh game online berbayar yang notabene publisher atau studionya dari luar negeri sama saja dengan mengalirkan dana ke luar negeri. Apalagi jika hal ini terjadi terus menerus, maka defisit neraca pembayaran Indonesia akan semakin melebar.

Jadi Perdebatan Jokowi & Sandi, Ini Mudarat PUBG Cs Bagi RIFoto: Infografis/PUBG Rugikan Negara/Edward Ricardo

Ia mengatakan, misalnya harga satu game online sebesar Rp 7.000 sampai Rp 10.000 atau sekitar US$ 0,5, namun ketika yang mengunduh mencapai dua juta orang per hari, tentu membuat dana yang keluar dari Indonesia cukup besar.

"Kalau kita main game itu kelihatan enggak di NPI? Sekarang sih enggak, tapi yang pasti itu uang Indonesia ke luar. Mungkin hanya setengah dolar, tapi kalau yang main dua juta orang, ya itu uang keluar untuk games itu," ujarnya dalam Seminar Nasional: Sinergi untuk Ketahanan dan Pertumbuhan, Rabu (27/3/2019).


Sederhananya, ketika pengguna membeli item game online maka mereka akan membeli dalam bentuk dolar kemudian dana tersebut masuk ke kas perusahaan yang berada di luar negeri.

Oleh karena itu, Mirza mendorong agar generasi penerus Bangsa Indonesia, yang sering disebut generasi milenial mampu menciptakan game sendiri. Bila perlu game yang mampu menarik perhatian WNA, sehingga ketika mereka mengunduh, akan membawa aliran dana masuk ke dalam negeri.

"Bisa enggak kita bikin game? Enggak bisa? Teman-teman kita di ITB, ITS, bikin game yang diproduksi Indonesia? Mungkin sudah ada ya, tapi itu memang bagus kalau bisa. Tapi kan artinya perlu skill."

Simak video adu visi Jokowi - Sandi soal game online di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading