Beda Fokus Sandiaga dan Jokowi Kembangkan Game Online

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
15 April 2019 12:30
Beda Fokus Sandiaga dan Jokowi Kembangkan Game Online Foto: Peserta mengikuti Mobile Legend Competition dalam rangka merayakan Ulang tahun ke-17 di Lapangan Transcity, Tangerang Selatan, Jumat (14/12/2018). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)
Jakarta, CNBC Indonesia - Calon Presiden (capres) nomor urut 01 sekaligus petahana Joko Widodo membawa game online seperti mobile legends, PUBG dan sejenisnya ke gelanggang debat capres cawapres putaran ke-5.

Jokowi menyatakan pemerintah sudah melakukan langkah konkret untuk mendukung para penggemar e-sport. "Anak muda sekarang senang jadi gamers. Pemerintah membangun infrastruktur digital. Broadband, palapa ring, 4G," ujar Jokowi dalam debat yang berlangsung di The Sultan Hotel, Sabtu (15/4/2019).


Jokowi juga menyebutkan, pada 2017 perputaran uang di industri game mencapai Rp 12 triliun. Setiap tahun tumbuh 25%.


"Kita jangan sampai kita terlewat merespons, anggaran iklan sekarang bergeser ke sana dalam jumlah besar, kita merespons dengan regulasi benar dan e-sports profesional butuh latihan besar," pungkas Jokowi.

Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno mengatakan e-sports merupakan salah satu sektor berkembang di Indonesia saat ini dan pemerintah memang harus memfasilitasinya.

Game Online: Sandi Fokus Lapangan Kerja, Jokowi InfrastrukturFoto: Suasana debat kelima Capres dan Cawapres Pilpres 2019 di Golden Ballroom Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Sandiaga menambahkan anak-anak muda milenial Indonesia hebat-hebat sekali. Namun ini menginginkan Indonesia tidak hanya fokus untuk diserbu oleh produk-produk impor termasuk produk e-sports.

"Oleh karena itu kami fokus pengembangan ekosistem ini berbasis ekonomi digital haruslah berujung kepada peluang lapangan pekerjaan bagi anak- anak muda. Jangan sampai juga e-sports pengaruhi generasi kita, sehingga tak punya akhlak," jelas Sandi. 

Simak video tentang adu visi Jokowi dengan Sandiaga soal game online di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading