Bos Amazon & Walmart Saling Serang, Ada Apa?

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
12 April 2019 15:39
Bos Amazon & Walmart Saling Serang, Ada Apa?
Jakarta, CNBC Indonesia - Pendiri sekaligus CEO Amazon Jeff Bezos mengeluarkan tantangan kepada peritel yang tidak disebutkan namanya untuk mengikuti kebijakan gaji dan tunjangan Amazon.

"Hari ini saya menantang pesaing ritel utama kami (Anda tahu siapa Dia!) untuk menyamai tunjangan karyawan kami dan upah minimum US$15 kami. Lakukan!" tulis Bezos dalam surat tahunannya kepada para pemegang saham, yang diajukan ke Komisi Sekuritas dan Bursa, seperti dikutip dari CNBC International, Jumat (12/4/2019).


"Lebih baik lagi, [gaji] naik ke US$16 dan lemparkan tantangan kepada kami. Ini semacam kompetisi yang akan menguntungkan semua orang."


Pesaing terbesar Amazon di AS saat ini, Walmart and Target, telah menaikkan gaji minimum karyawan, tetapi mereka masih belum menyamai standard Amazon. Minggu lalu, Target mengatakan akan meningkatkan upah minimum menjadi US$13/jam mulai Juni 2019 dan akan naik menjadi US$15/jam pada akhi 2020.

Jeff Bezos Tantang Saingannya Naikkan Gaji KaryawanFoto: Jeff Bezos pendiri pasar online Amazon (REUTERS/Jason Redmond)

Walmart mengatakan pekerjanya rata-rata menghasilkan US$17,55 per jam dengan upah dan tunjangan.

EVP of Corporate Affairs Walmart Dan Bartlett merespons tantangan Jeff Bezos dengan membagikan artikel soal Amazon di akun Twitter pribadi resminya. Ia mengungkit soal Amazon yang bayar pajak US$0 padahal tahun lalu Amazon cetak laba US$11 miliar.

"Hai pesaing ritel di luar sana (Anda tahu siapa Anda), bagaimana dengan pembayaran pajak Anda?" cuitnya lewat twitter.


Saat ini tingkat pengangguran AS berada di level terendah dalam hampir 50 tahun. Para peritel kesulitan untuk merekrut tenaga terampil dan menaikkan gaji merupakan salah satu solusinya.

Selain gaji, perusahaan ritel juga menambahkan fasilitas lain. Target dan Walmart menambah fasilitas cuti tambahan bagi orang tua, program pelatihan khusus dan peluang pendidikan. Walmart bahkan membolehkan staff toko menggunakan celana jins biru.


Saksikan video mengenai Bezos yang merupakan orang terkaya di dunia.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading