Sandang Status Decacorn, Jokowi: Selamat Kepada Gojek

Fintech - Chandra Gian Asmara & Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
11 April 2019 21:46
Sandang Status Decacorn, Jokowi: Selamat Kepada Gojek
Jakarta, CNBC Indonesia - Lembaga riset CB Insights dalam laporan bertajuk 'The Global Unicorn' menyatakan Gojek memiliki valuasi US$10 miliar. Artinya Gojek sudah berhak menyandang status decacorn.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik pencapaian tersebut dan mengucapkan selama kepada Nadiem Makarim Cs atas pencapaian tersebut.

"Selamat kepada Gojek yg menurut CB Insights telah jadi decacorn pertama di indonesia," ujar Jokowi dalam acara GOJEK dan Mitra Juara GOJEK 2019, di Jakarta, Kamis (11/4/2019).


Jokowi mengungkapkan ke depan ekonomi digital memang sangat memberikan harapan pada pertumbuhan ekonomi. Salah satunya karena ekonomi digital menciptakan peluang bagi UMKM di Indonesia untuk berkembang dan disambungkan antara ekosistem online dengan offline. Tahun lalu nilai ekonomi digital Indonesia telah mencapai US$27 miliar.

Salah satu contohnya adalah Gojek. Gojek tidak bisa bisa berkembang karena jutaan mitra UMKM, mitra pengemudi, pekerja di belakang produksi usaha UMKM. Lalu ada startup Wahyoo yang telah menyambungkan lebih dari 5.000 warteg (warung tegal) dengan bahan baku dan akses permodalan.

Ada juga startup Halosis yang membantu 3.000 UMKM yang mayoritas ibu rumah tangga (IRT) berjualan online dan dibantuk virtual assistant dan didukung artificial intellegence.

"Ini bukti bahwa teknologi digital berikan manfaat. Makanya kita jangan terbelenggu oleh teknologi lama. Itu semua contoh anak muda yang bekerja keras dan kolaborasi teknologi digital dan kreativitas hingga hasilkan valuasi bisnis bernilai puluhan miliar," jelasnya.

"Inilah saatnya startup Indonesia tampil ke regional dan pentas dunia. Ini sudah dilakukan Gojek."
Simak video Gojek jadi decacorn di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading