Wow, Tak Terasa Gmail Berusia 15 Tahun, Ini Transformasinya

Fintech - Wangi Sinintya, CNBC Indonesia
02 April 2019 11:04
Wow, Tak Terasa Gmail Berusia 15 Tahun, Ini Transformasinya
Jakarta, CNBC Indonesia - Tepat 15 tahun yang lalu, Google memutuskan untuk membuat bingung semua orang dengan meluncurkan klien email berbasis web yang ditunggu-tunggu pada 1 April, yaitu Gmail. Gmail kemudian menjadi salah satu produk Google yang paling sukses.

Untuk merayakan ulang tahunnya yang kelima belas, tim Gmail mengumumkan beberapa fitur Gmail terbaru, termasuk peningkatan Smart Compose dan kemampuan untuk menjadwalkan email agar dapat dikirim di kemudian hari.

Wow, Tak Terasa Gmail Berusia 15 Tahun, Ini TransformasinyaFoto: Google Apps Gmail (REUTERS/Mike Blake)

Smart Compose, yang mencoba untuk melengkapi email secara otomatis saat anda mengetik, sekarang akan dapat beradaptasi dengan cara anda menulis salam di email anda. Jika anda lebih suka "Hey" daripada "Hi," maka Smart Compose akan mempelajarinya.


Jika anda sering bingung tentang subjek yang akan digunakan untuk email anda, maka ada beberapa bantuan untuk anda, karena Smart Compose sekarang dapat menyarankan judul subjek berdasarkan konten email anda.

Mengutip The Verge, dengan pembaruan ini, Smart Compose sekarang juga tersedia di semua perangkat Android. Google mengatakan, bahwa itu sebelumnya hanya tersedia di perangkat Pixel 3, meskipun beberapa orang sudah menggunakannya pada Pixel 2 untuk sementara waktu. Penunjang untuk iOS akan segera hadir, dilansir dari techcrunch, Selasa (02/03/2019).

Selain itu, Smart Compose juga hadir dalam empat bahasa baru, Yaitu Spanyol, Prancis, Italia, dan Portugis.

Itu semua sangat berguna, tetapi fitur yang kemungkinan akan mendapat perhatian paling besar saat ini adalah penjadwalan email. Idenya sesederhana eksekusinya. Tombol "kirim" sekarang termasuk menu drop-down yang memungkinkan anda menjadwalkan email untuk dikirim pada waktu tertentu. Sampai saat ini, anda biasanya membutuhkan layanan pihak ketiga untuk melakukan ini, tetapi sekarang itu dapat langsung diintegrasikan ke dalam Gmail.

Google memposisikan fitur baru tersebut sebagai alat kesehatan digital. "Kami mengerti bahwa pekerjaan sering kali dikerjakan diluar jam kerja, tetapi penting untuk mempertimbangkan waktu rehat semua orang," kata Jacob Bank, direktur Manajemen Produk, G Suite, menulis dalam pengumumannya hari ini. "Kami ingin membuatnya lebih mudah untuk menghormati kesejahteraan digital semua orang, jadi kami menambahkan fitur baru ke Gmail yang memungkinkan anda memilih kapan email harus dikirim."

Simak video google terjun ke bisnis cloud gaming di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading