Hore... Tahun Ini Indonesia Bakal Merdeka Internet

Fintech - Monica Chua, CNBC Indonesia
02 April 2019 - 11:40
Hore... Tahun Ini Indonesia Bakal Merdeka Internet
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan tahun ini internet akan menjangkau seluruh kabupaten di seluruh Indonesia. Internet kini sudah masuk semakin dalam ke daerah remote area.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan tahun ini Indonesia akan merayakan kemerdekaannya yang ke-74 yang bebas dari penjajahan tetapi belum dari internet.

"Tahun ini kita memasuki gerbang merdeka internet di level kabupaten. [Satelit] Palapa Ring mencakup 514 kabupaten dan kota di Indonesia," ujar Rudiantara kepada CNBC Indonesia di Jakarta, Senin (1/4/2019).


Rudiantara menambahkan setelah memerdekaan kabupaten dan kota, Kemenkominfo juga akan menyediakan internet yang menyentuh pelosok negeri seperti mereka yang tinggal di pelosok gunung. Caranya dengan satelit sendiri.

Hore... Tahun Ini Indonesia Bakal Merdeka InternetFoto: Infografis/PROYEK STRATEGI NASIONAL (Sektor Teknologi)/Arie Pratama

"[Targetnya] tahun 2022. Tapi kami gak akan tunggu satelit Indonesia, kita akan sewa satelit sendiri. Satelitnya mirip dengan punya Indonesia. Kita sewa dulu karena kita mau percepatan," jelas Rudiantara.

Rudiantara menjelaskan percepatan tersebut perlu dilakukan untuk menghubungkan 214.000 ribu sekolah dengan internet. Sekitar 90.000 sekolah yang belum terhubung dengan internet.

"Harusnya internet dipakai dalam proses belajar mengajar. Sekarang Kebanyakan internet digunakan hanya di akhir proses mengajar seperti UNBK (ujian nasional). Apalagi kita akan terapkan e-budgeting sampe desa, kita butuh konvektivitas tak cuma [Satelit] Palapa Ring," jelas Rudiantara.

Simak video Menteri Rudiantara buka-bukaan soal potensi ekonomi digital Indonesia di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC] (roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading