Internasional

Tidak Ikuti Rekomendasi AS, UE tak Blokir Huawei

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
27 March 2019 11:16
Tidak Ikuti Rekomendasi AS, UE tak Blokir Huawei
Jakarta, CNBC Indonesia - Uni Eropa tidak akan mengikuti saran Amerika Serikat (AS) untuk memblokir Huawei Technologies dalam pengembangan jaringan internet 5G. Dalam rekomendasinya tertanggal 26 Maret 2019, Komisi Eropa minta Eropa bekerja sama menangani risiko keamanan siber 5G.

Dalam rekomendasinya, Komisi Eropa hanya menyarankan negara-negara Uni Eropa untuk membuat penilaian risiko 5G yang kemudian akan digunakan standardisasi penilaian di seluruh Uni Eropa.


"Negara-negara UE akan membuat penilaian keamanan," tulis Komisi Eropa dalam pengumuman resminya, The Verge melaporkan dan dikutip CNBC Indonesia, Rabu (27/3/2019).


Adapun kebijakan memblokir atau tidaknya Huawei dalam teknologi internet generasi selanjutnya diserahkan ke masing-masing negara. Selama ini AS terus bergerilya untuk menyakinkan sekutunya akan risiko spionase China melalui perangkat Huawei. AS telah mendesak Eropa memblokir Huawei.

Tak Ikuti Rekomendasi AS, UE Tak Blokir HuaweiFoto: Logo perusahaan di kantor Huawei di Beijing, 6 Desember 2018. REUTERS / Thomas Peter

Pemerintah AS telah mencap raksasa telekomunikasi China itu sebagai ancaman keamanan nasional. AS telah melarang peralatan Huawei digunakan oleh pemerintah federal, kebijakan yang baru-baru ini mengarah pada gugatan hukum ke Huawei.

Rekomendasi ini adalah rintangan baru dalam kampanye AS. Awal bulan ini, para pejabat AS 'mengancam' akan berhenti berbagi data intelijen dengan Jerman jika negara itu mengizinkan Huawei berpartisipasi dalam jaringan 5G.

"Teknologi 5G akan mengubah ekonomi dan masyarakat kita dan membuka peluang besar bagi orang dan bisnis," kata wakil presiden Komisi Eropa Andrus Ansip dalam sebuah pernyataan.

"Tetapi kami tidak dapat menerima hal ini tanpa keamanan penuh di dalamnya. Oleh karena itu, infrastruktur 5G di UE haruslah tangguh dan sepenuhnya aman dari ruang belakang teknis atau hukum."

Simak video AS larang sekutunya gunakan Huawei di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading