Hore! Diskon Tarif Tol Trans Jawa Bisa Sampai Lebaran

Fintech - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
25 March 2019 21:11
Hore! Diskon Tarif Tol Trans Jawa Bisa Sampai Lebaran
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan diskon tarif Tol Trans Jawa masih berlaku. Perpanjangan diskon bahkan bisa saja berlanjut hingga Lebaran 2019 nanti.

"Dua bulan atau berapa itu [perpanjangannya]. Mungkin [sampai Lebaran]," kata Basuki di Gedung DPR RI, Senin (25/3/2019), ketika awak media meminta penegasan batas akhir diskon tarif.

Dikatakan bahwa perpanjangan diskon ini disebabkan belum adanya ketentuan tarif baru yang disusun berdasarkan batas maksimal penggunaan. Dia mengaku ada beberapa hambatan dalam menetapkan tarif baru.


Alasan utama yakni karena Tol Trans Jawa dikelola lebih dari satu Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Selain itu, masing-masing ruas di tol tersebut tidak dibangun dalam waktu bersamaan.




"Pembangunannya tidak dalam satu tahun. Jadi kalau misalnya yang Jakarta- Cikampek, 1 km tarifnya Rp 200, Cipali 1 km Rp 700. Yang makin baru antara Rp 1.500-1.100. Jadi ini yang harus dihitung terus," tandasnya.

Perbedaan tarif di masing-masing ruas tersebut tak lain disebabkan adanya perbedaan nilai investasi. Kementerian PUPR perlu membahas hal ini lebih lanjut bersama seluruh BUJT.

"Perlu dibahas dengan asosiasi tol Indonesia juga karena sesama operator, baru ditetapkan," pungkasnya.


Simak Video Menhub Buka-bukaan soal Mahalnya Tol Trans Jawa
[Gambas:Video CNBC] (dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading