Mau Diharamkan Ulama Negara Lain, MUI Ikut Kaji Game PUBG

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
21 March 2019 19:12
Mau Diharamkan Ulama Negara Lain, MUI Ikut Kaji Game PUBG
Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa hari terakhir warganet (netizen) ramai membicarakan pernyataan ulama Malaysia yang ingin melarang Game perang online The PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG).

Mufti Negri Sembilan Datuk Mohd Yusof Ahmad menyatakan PUBG harus dilarang karena mendorong generasi muda ke arah terorisme dan mengikis rasa kasih sayang untuk orang lain.

Hal itu diungkapkan Datuk Mohd Yusof Ahmad lantaran pada Jumat pekan lalu telah terjadi penembakan masal di dua Masjid di daerah Christchurch, Selandia Baru.

Dalam aksi brutal yang menewaskan 50 orang dan menyebabkan puluhan orang lainnya terluka itu, diduga pelakunya terinspirasi dari game tembak-tembakan seperti PUBG.


Ulama Malaysia Ingin Haramkan PUBG, Indonesia?Foto: Infografis/Terror di Selandia Baru/Edward Ricardo

Bagaimana dengan Indonesia? Ternyata Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat juga memiliki perhatian yang sama. MUI Pusat menyatakan akan membuat kajian terhadap PUBG.

"Fatwa adalah jawaban hukum Islam dalam upaya memberikan solusi atas permasalahan yang muncul di masyarakat, pertimbangannya komprehensif," kata Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh, seperti dikutip dari detik.com, Kamis (21/3/2019).


"MUI akan lakukan kajian. Di samping konten, juga dampak yang ditimbulkan," imbuhnya. 

Sebelumnya, MUI Jawa Barat (Jabar) juga melakukan kajian pada permainan PUBG. 

"Tentu kita harus teliti terlebih dahulu mengenai dampak dari game ini," kata Ketua MUI Jabar Rahmat Syafei belum lama ini.

Ia menilai pada prinsipnya sesuatu yang memberi dampak negatif secara luas akan dilarang MUI. Apalagi, kata dia, sampai menstimulus seseorang untuk melakukan tindakan kejahatan.

"Kami belum melakukan fatwa. Tapi secara umum, kalau (PUBG) berdampak merusak, jadi tidak boleh. Akan kami pertimbangkan buat fatwa supaya perlu ada menutup jalan sebuah kejahatan," tutur Syafei.

Saksikan video tentang wacana pelarangan PUBG di Malaysia di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]
 


(roy/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading