Mau Dapat Rp 3 M? Ayo Yakinkan Bos Tokopedia dengan Idemu

Fintech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
20 March 2019 16:37
Mau Dapat Rp 3 M? Ayo Yakinkan Bos Tokopedia dengan Idemu
Jakarta, CNBC Indonesia - Siapa yang tak tahu Tokopedia. Aplikasi jual beli online yang diluncurkan pada 2009 ini, sudah diunduh lebih dari 10 juta kali. Hampir semua bisa ditemukan di Tokopedia, mulai dari makanan, fashion, elektronik, hingga produk serta peralatan untuk perawatan hewan peliharaan.

Adalah William Tanuwijaya, sosok yang berada dibalik Tokopedia. Siapa sangka, Tokopedia sempat kesulitan mencari dana serta mencari tim untuk bergabung di dalamnya. Kini, berdasarkan data pada tahun 2017 lalu, Tokopedia sudah mempekerjakan lebih dari 1.500 orang.

Dikutip dari detikinet, Rabu (20/3/2019) ide mendirikan Tokopedia lahir dari pengalamannya. Pria kelahiran Pematang Siantar ini sempat bekerja di forum jual beli. Dia kerap mendapati komplain dari pengguna akibat penipuan transaksi. Dari situlah, ide membuat tempat jual beli online yang terpercaya.


Bermodal nekat, William yang meraih pendidikannya dari Harvard Kennedy School dan Universitas Bina Nusantara ini lantas membuat Tokopedia. William tak lantas meraih untuk seperti sekarang. Dia sempat jatuh bangun, bahkan dua kali gagal mencari pemodal selama dua tahun.

Dengan semangat bambu runcing yang dimilikinya, kini William menuai buah hasil kerjanya. Bahkan, Tokopedia menjadi salah satu dari tiga start up yang sudah naik kelas ke level unicorn.

Meski sudah sukses dengan Tokopedia, William tak menjadi pribadi yang sombong. Buktinya, William akan menjadi salah satu juri dalam ajang Thinkubator. William akan bersanding dengan dua juri lainnya yaitu Chairman CT Corp, Chairul Tanjung dan Direktur Eksekutif PT KSEI, Friderica Widyasari Dewi.

Sejumlah 150 startup yang terpilih berhak untuk mengikuti conference dan workshop bersama para expert di bidangnya pada 28 Maret 2019. Pada hari itu juga ada 6 peserta yang akan maju ke babak Final Live Pitch, yang akan dinilai oleh ketiga juri tersebut yang kemudian diperkenalkan kepada publik.

Thinkubator akan menjadi wadah untuk membuka kesempatan para startup yang memiliki potensi namun mengalami kesulitan dalam mengembangkan ide dan produk mereka.

Para startup dari seluruh Indonesia bisa mendaftarkan diri serta mengunggah proposal ide mereka di https://thinkubator.detik.com pada 5-21 Maret 2019. Kemudian Akan ada proses seleksi online hingga 22 Maret 2019.

Segera daftarkan startup-mu di Thinkubator! Informasi pendaftarannya bisa dilihatĀ di sini.

Saksikan Video Strategi Bakar Duit Startup

[Gambas:Video CNBC]


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading