Streaming Game Lewat Google Stadia, Perlu Kecepatan Berapa?

Fintech - Anthony Kevin, CNBC Indonesia
20 March 2019 16:07
Streaming Game Lewat Google Stadia, Perlu Kecepatan Berapa?
Jakarta, CNBC Indonesia - Para gamers di seluruh dunia kini sedang bersuka cita. Pasalnya, Google baru saja mengumumkan layanan cloud gaming service yang dinamai Stadia.

Diumumkan dalam gelaran Game Developers Conference (GDC) di San Francisco kemarin (19/3/2019), melalui layanan ini gamers bisa memainkan video games tanpa memiliki perangkat yang pada umumnya diperlukan seperti gaming PC atau konsol (Playstation dan Xbox). Hal ini dimungkinan karena video games dijalankan melalui cloud alias server yang disediakan sendiri oleh Google.


Menggunakan layanan ini, gamers bisa menikmati video games favoritnya melalui laptop, PC, TV, tablet, dan smartphone.


Kualitas gambar yang bisa ditampilkan pun ternyata tidak kalah dengan yang bisa didapat jika bermain secara konvensional (non-streaming). Dikutip dari The Verge, resolusi yang didukung oleh Stadia mencapai 4K atau Ultra HD (3840 x 2160/4096 x 2160) dengan jumlah Frames Per Second (FPS) sebesar 60 atau yang merupakan standar supaya video games yang dimainkan tak terasa patah-patah.

Streaming Game Lewat Google Stadia, Perlu Kecepatan Berapa?Foto: Wakil presiden dan manajer umum Google Phil Harrison berbicara selama pidato utama Google yang mengumumkan layanan streaming video game baru bernama Stadia yang berupaya memanfaatkan teknologi cloud perusahaan dan jaringan global pusat data, di Konferensi Pengembang Game di San Francisco, California, AS, 19 Maret 2019. (REUTERS / Stephen Lam)

Perlu diketahui, sejauh ini resolusi 4K terbilang tinggi di dunia gaming. Biasanya, gamers hanya memiliki monitor yang mendukung resolusi Full HD (1920x1080).

Namun, pengunaan layanan Stadia tentu memerlukan koneksi internet yang memadai. Berapa sebenarnya kecepatan koneksi internet yang diperlukan supaya bisa melakukan aktivitas gaming dengan mulus di resolusi 4K?

Melansir The Verge, Google memproyeksikan layanan Stadia akan mampu mendukung aktivitas gaming di resolusi 4K (60 FPS) dengan dukungan kecepatan internet sekitar 25Mbps. Untuk kualitas gambar super jernih yang ditawarkan resolusi 4K, rasanya kebutuhan internet sekitar 25Mbps terbilang kecil, apalagi untuk negara-negara maju yang memang infrastruktur internetnya sudah sangat maju.

Streaming Game Lewat Google Stadia, Perlu Kecepatan Berapa?Foto:Sistem kerja Google Stadia. (Dok. Stadia.dev)

Sebagai informasi, layanan Stadia sebelumya sudah melewati fase uji coba publik selama beberapa bulan dengan nama Project Stream. Di fase uji coba publik yang berakhir pada bulan Januari tersebut, gamers hanya bisa memainkan Assassin's Creed Odyssey. Pada fase tersebut, gamers hanya bisa bermain di resolusi 1080p (60 FPS) melalui kecepatan internet sekitar 25Mbps.

Di masa depan, Google berencana mendukung streaming video games di resolusi 8K dengan FPS sebesar 120.

Masih dilansir dari The Verge, hingga saat ini Google belum mengumumkan tanggal resmi peluncuran Stadia. Google hanya mengatakan bahwa layanan ini akan tersedia pada tahun 2019. Lebih lanjut, harga dan jumlah video games yang bisa diakses melalui layanan ini juga belum diumumkan oleh Google.



(ank/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading