Jokowi-Ma'ruf Menang, Lahir 3.500 Startup dalam Lima Tahun

Fintech - Samuel Pablo & Monica Wareza, CNBC Indonesia
17 March 2019 21:42
Jokowi-Ma'ruf Menang, Lahir 3.500 Startup dalam Lima Tahun Foto: Calon wakil presiden Ma'ruf Amin memberi tanggapan pada acara Debat Pilpres tahap ketiga di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3). Debat pilpres ketiga membahas soal pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, serta sosial dan budaya. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)
Jakarta, CNBC Indonesia - Calon wakil presiden (Cawapres) 01 Ma'Ruf Amin menyatakan Indonesia menargetkan memiliki 3.500 startup pada 2024. Ma'ruf mengklaim saat ini pemerintahan Jokowi-JK telah menciptakan 1.000 startup.

Ma'ruf Amin menjelaskan target ini bisa tercapai karena pemerintah Jokowi-JK sudah menyiapkan infrastruktur digital dengan menyelesaikan program Palapa Ring. Hingga saat ini tinggal Indonesia bagian timur yang belum terlayani internet. Indonesia bagian Barat dan Tengah sudah dirampungkan.

"Dengan adanya infrastruktur langit yakni infrastruktur digital, telah tumbuh startup yang dalam 4-5 tahun sudah sampai 1.000 startup. Padahal di Iran butuh waktu 10 tahun," ujar Ma'ruf Amin dalam debat Cawapres di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019).


Ma'ruf Amin menambahkan Jokowi-Ma'ruf akan memberikan iklim kerja yang kondusif untuk dunia usaha dan industri. Akses keuangan yang mudah seperti kredit usaha rakyat (KUR), wakaf mikro, mekar dan lain-lain.

"Program ini akan membuka dunia usaha dan terbukanya lapangan kerja," jelas Ma'ruf Amin.


(roy/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading