e-Commerce

Posisi Ini Paling Dicari di Toko Online, Gajinya Rp 25 Juta!

Fintech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
15 March 2019 13:19
Posisi Ini Paling Dicari di Toko Online, Gajinya Rp 25 Juta! Foto: Desain : Freepik.com
Jakarta, CNBC Indonesia - Pekerjaan di posisi Product Management terlihat sangat menggiurkan karena gajinya yang fantastis tinggi dan paling dicari oleh pelaku industri perusahaan rintisan (startup) e-commerce di Indonesia.

Bahkan, tenaga ahli product manager bisa digaji Rp 25 juta. Kemudian setiap tahun gaji meningkat.

"Pas jadi manajer gajinya Rp 25 juta. Kalau bagian data gajinya mirip software engineer. Kenaikan gaji mereka rata-rata 10%-20% per tahun kalau tenaga ahli spesial bisa 30%. Tetapi kalau pindah kantor rata-rata naiknya 20% hingga ratusan persen tetapi jarang ratusan. Rata-rata naik 20% hingga 50%," terang Ignasius Untung, Ketua Asosiasi e-commerce Indonesia (idEA), Jakarta, Rabu (13/3/2019).


Meskipun menggiurkan Ignasius mengatakan posisi product management adalah yang paling langka di Indonesia. Kelangkaan ini disebabkan oleh minimnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berpengalaman di industri e-commerce yang masih muda di Indonesia. Ignasius menjelaskan industri e-commerce yang memiliki pertumbuhan pesat ini tidak diimbangi dengan ketersediaan SDM yang mumpuni.


Pekerjaan ini menjadi langka karena seorang Product Management harus memiliki pengetahuan di bidang teknis dan bisnis yang bisa dibilang sangat berseberangan. Sedangkan di Indonesia juga belum ada jurusan yang fokus untuk melahirkan tenaga ahli dalam bidang ini.

Product Management di e-commerce juga memiliki perbedaan dengan industri lain yang memisahkan posisi product untuk manufaktur dan untuk pemasaran. Seorang product manager juga harus mampu membuat produk yang relevan dan sesuai dengan masalah yang dihadapi pengguna. Keahliannya pun terdiri dari beragam bidang mulai manajemen proyek, komunikasi, detil, analisa bisnis dan pengetahuan teknologi.

Product management memiliki jenjang karir yang bermula dari product executive lalu menjadi product manager dan posisi tertinggi pada chief product officer (CPO). Dalam beberapa kasus, karir juga bermula dari UI/UX researcher.

"Untuk jadi product manager dibutuhkan waktu 2 tahun," jelas ignasius Untung.

Saksikan video tentang ketatnya persaingan e-commerce di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading