Bukan Hacker yang Bikin Instagram, Facebook & WA Down

Fintech - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
14 March 2019 10:36
Bukan Hacker yang Bikin Instagram, Facebook & WA Down Foto: REUTERS/Eric Gaillard
Jakarta, CNBC Indonesia - Pengguna layanan Facebook di seluruh dunia, melaporkan masalah gangguan saat membuka postingan di aplikasi tersebut. Selain itu, pengguna layanan aplikasi Instagram dan WhatsApp mengeluhkan hal serupa saat melakukan posting dan masuk ke platform tersebut.

Facebook mengakui perihal gangguan (down) di platform-nya tersebut, melalui Twitter-nya dengan alasan pemadaman akibat masalah yang terjadi dengan aplikasi inti. Konfirmasi yang diberikan oleh Facebook tersebut menjelaskan bahwa masalah ini tidak berkaitan dengan serangan DdoS.
"Kami sadar bahwa beberapa orang saat ini mengalami kesulitan untuk mengakses Facebook dan family application (Instagram dan WhatsApp). Kami sedang berupaya menyelesaikan masalah ini sesegera mungkin," ujar Facebook dalam Tweet-nya.

Dengan alasan yang minim tersebut, Facebook mengatakan gangguan akibat permasalahan teknis tersebut memang terjadi di sejumlah wilayah. Meskipun ditimpa masalah, saham Facebook relatif tidak berubah dalam perdagangan kemarin Rabu.


Sebagai tambahan informasi, laporan pengguna terus memuncal lebih dari 11 ribu akun di seluruh dunia menurut Downdetector, sebuah situs web yang menerima laporan permasalahan pengguna pada aplikasi dan website tertentu.

Pengguna melaporkan gangguan, mulai dari tidak dapat memuat situs tersebut sama sekali, hingga tidak dapay memposting komentar dalam akun Facebook, Instagram hingga WhatsApp miliknya.

Pengguna juga mendapat pesan di layar platform, dengan keterangan akun tidak tersedia untuk sementara. Pengguna sosial media lainnya juga mengaku tidak bisa menggunakan Facebook untuk masuk ke akun Tinder atau Spotify.

Bukan Hacker yang Bikin Instagram, Facebook & WA DownFoto: cover/ cover instagram, facebook, whatsapp down/ Aristya Rahadian Krisabella
(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading