Perkembangan Teknologi

Wah, Bank Ini Pakai Teknologi Biometrik di Kartu Kredit Cs

Fintech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
12 March 2019 21:05
Wah, Bank Ini Pakai Teknologi Biometrik di Kartu Kredit Cs
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank asal Inggris NatWest akan meluncurkan uji coba pembayaran kartu menggunakan teknologi sidik jari biometrik.
 
Dua ratus pelanggan akan ambil bagian dalam uji coba yang akan memungkinkan mereka untuk menggunakan sidik jari mereka untuk memverifikasi pembayaran senilai lebih dari £ 30 (US$ 39,11 / sekitar Rp 560 ribu).
 
NatWest pada hari Minggu (10/3/2019), mengatakan teknologi itu akan meningkatkan keamanan dan lebih memudahkan pelanggan untuk melakukan pembayaran untuk barang dan jasa di masa depan.
 
Saat ini, pengguna kartu tanpa kontak harus memasukkan PIN mereka jika melakukan pembelian lebih dari £ 30. Dalam keadaan tertentu orang yang menggunakan teknologi pembayaran tanpa kontak, seperti melalui ponsel pintar / smartphone, dapat melakukan transaksi melebihi batas £ 30 ini.
 

Mengutip CNBC International, pembayaran tanpa kontak mengacu pada metode pembayaran tanpa uang tunai, di mana seorang pelanggan secara fisik membawa atau memasukkan kartu debit, kartu kredit atau perangkat tanpa kontak mereka pada alat pembaca (reader/scanner) untuk melakukan pembayaran.
 
Kartu baru NatWest akan berisi data sidik jari dan sensor pelanggan. Untuk mengesahkan pembayaran lebih dari £ 30, pengguna diharuskan menempelkan jari mereka pada sensor.
 
NatWest, yang merupakan anggota RBS Group, mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Gemalto, sebuah perusahaan keamanan digital, serta Visa dan Mastercard untuk meluncurkan layanan kepada para pelanggan di Inggris.
 
"Kami menggunakan teknologi terbaru di seluruh bisnis kami untuk membuat perbankan lebih mudah bagi pelanggan kami, dan kartu sidik jari biometrik adalah salah satu dari banyak teknologi yang kami jelajahi lebih lanjut," kata David Crawford, kepala divisi pembayaran secara mudah (effortless payment) di NatWest, dalam sebuah pernyataan.
 
"Ini adalah perkembangan terbesar dalam teknologi kartu dalam beberapa tahun terakhir dan kami sangat senang untuk mencoba layanan ini," tambah Crawford.
 
Baik itu melalui penggunaan ponsel, kartu, atau jam tangan pintar, peningkatan teknologi pembayaran tanpa kontak telah memudahkan konsumen membayar barang tanpa harus menggunakan PIN.
 
Di Inggris, jumlah pembayaran tanpa kontak tumbuh sebesar 97% pada tahun 2017, mencapai 5,6 miliar, menurut lembaga Keuangan Inggris. Ada hampir 119 juta kartu tanpa kontak yang beredar pada akhir 2017, menurut asosiasi perdagangan.

Saksikan video Bos OJK bicara soal konsolidasi perbankan di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]





(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading