Incar Milenial, Bukopin Luncurkan Pembayaran QR Code

Fintech - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
12 March 2019 17:48
Incar Milenial, Bukopin Luncurkan Pembayaran QR Code
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Bukopin kini menyediakan fitur pembayaran Quick Response (QR) Code di aplikasi Wokee miliknya. Dalam penyediaan fitur ini Bank Bukopin bekerja sama dengan perusahaan penyedia solusi pembayaran online, PT Dimo Pay Indonesia. 

"Milenial mulai mencari bagaimana mudah melakukan transaksi. Kita tidak mau ketinggalan, kita juga mulai kesempatan buat satu produk digital yang akhirnya pada tahun 2018 kita coba launching dengan kita lakukan di internal karyawan," jelas Direktur Konsumer PT Bank Bukopin Tbk Rivan A. Purwantono dalam Launching QR Wokee di Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Sebelumnya, Bank Bukopin meluncurkan aplikasi perbankan digital bernama Wokee. Target pasar pengguna aplikasi ini dari masyarakat perkotaan atau milenial. Hingga saat ini Rivan menyebut sudah ada 21 ribu pengunduh aktif aplikasi Wokee dalam waktu 6 bulan ini. 


Rivan menambahkan, melalui aplikasi Wokee pembukaan bank bisa dilakukan tanpa harus ke bank, tarik tunai tanpa kartu ATM, dan belanja dengan scan QR code. Ke depannya, aplikasi Wokee akan dilengkapi dengan fitur personal financial management. 

Tiru BUMN, Bukopin Luncurkan Pembayaran QR CodeFoto: Launching Fitur Pembayaran QR Code pada Aplikasi Wokee Bank Bukopin (CNBC Indonesia/Yanurisa Ananta)

"Ini masih stage satu menuju [stage] dua. Ada fitur personal finance management jadi seluruh produk bank kami sekarang terintegrasi dengan akun yang dibuka," ucapnya. 

Namun, kata Rivan, dirinya menyayangkan belum ada standar QR Code dari pemerintah. Hal serupa juga terjadi pada e-money. "Penetapan standar QR belum keluar-keluar, makanya satu sama lain kita menjaga milik masing-masing," tambahnya. 

Keberadaan Wokee juga diharap akan mampu menambah aktif ekosistem dunia financial technology (fintech). Justru pihaknya akan banyak melakukan kerja sama dengan fintech-fintech lain seperti OVO, Gopay atau Grabpay.


"Kita tidak mau bersaing dengan berbagai unsur bisnis acquirer yang ada. Kita juga berteman. Kita akan tindak lanjut dengan OVO, termasuk Grab. Kita tidak mau main sendiri. Suksesnya sebuah proses digital ini masuk ke ekosistem dan dilakukan dengan kolaborasi yang baik." tandasnya.

Serupa dengan bisnis payment lainnya, Wokee juga memberi 'gula' pada produknya. Pengguna Wokee akan mendapatkan potongan harga hingga 30% di toko buku Gramedia, kedai kopi The Coffee Bean and Leaf, toko roti Bread Life dan Amazone Family Entertainment Centre. Program promo tersebut berlaku sampai dengan bulan Mei 2019. 

Khusus pada tanggal 12 Marat 2019, program Wokee Super Vaganza memberikan penawaran menarik menonton film Captain Marvel di XXI Kota Kasablanka dengan hanya membayar Rp1,menggunakan aplikasi Wokee. 

Saat ini sudah ada 2.200 outlet merchant nasional dan 420 merchant UMKM yang menerima pembayaran melalui Wokee pay by QR.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading