Berusia 100 Tahun, Ini Deretan Orang Kaya Tertua di Dunia

Fintech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
06 March 2019 17:59
Berusia 100 Tahun, Ini Deretan Orang Kaya Tertua di Dunia
Jakarta, CNBC Indonesia - Forbes kembali mengumumkan daftar orang terkaya di dunia atau Forbes World's Billionaires 2019.
 
Daftar itu mencatat bahwa jumlah miliuner dan asetnya kembali menyusut untuk tahun kedua dalam satu dekade terakhir. Ini menunjukkan bahwa bahkan orang-orang terkaya di dunia tidak kebal terhadap tekanan ekonomi dan melemahnya pasar saham, tulis Forbes dan dilansir Rabu (6/3/2019).
 
Ada beberapa kategori orang terkaya yang disebutkan dalam daftar tersebut, di antaranya adalah berdasarkan gender, sumber kekayaan, pendatang terbaru, dan usianya.
 
Pendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos kembali menduduki posisi puncak daftar Forbes World's Billionaires 2019 atau menjadi orang terkaya di dunia, dengan nilai aset bersih US$131 miliar atau sekitar Rp 1.854 triliun. Ini adalah tahun kedua ia menduduki posisi teratas setelah menggeser Bill Gates pada 2018 lalu.
 

Sementara di kategori termuda, diduduki oleh model Kylie Jenner, yang masuk daftar ini pada usia 21 tahun. Nilai kekayaan Jenner tercatat US$1 miliar (Rp 14,1 triliun) dan berada di posisi 2.057. Aset tersebut bersumber dari perusahaan kosmetiknya Kylie Cosmetics selain dari karier modelling dan pendapatan lainnya, dikutip dari Forbes, Rabu (6/3/2019).
 
Bertolak belakang dengan Kylie yang baru masuk ke daftar itu, ada juga orang-orang tua yang sudah masuk ke dalam daftar itu sejak lama. Untuk kategori orang terkaya tertua versi Forbes kali ini dipegang oleh Chang Yun Chung yang berusia 100 tahun, dengan kekayaan sebesar US$2,2 miliar.
 
Sumber kekayaan Yun Chung berasal dari mendirikan Pacific International Lines pada tahun 1967 sebagai operator pantai dengan dua kapal bekas. Saat ini perusahaannya memiliki armada lebih dari 150 kapal dan memiliki MOU dengan China Merchant Port untuk mengembangkan pasar baru di Asia Tenggara, Asia Selatan dan Afrika.
 
Pacific International Lines juga bekerja pada platform rantai pasokan berbasis blockchain untuk melacak pergerakan kargo dari Chongqing ke Singapura, dalam kemitraan dengan PSA International dan IBM Singapura.
 
Setelah Yun Chung, orang terkaya tertua kedua di dunia adalah Aloysio de Andrade Faria (98 tahun), dengan kekayaan sebesar US$2,1 miliar. Ia memperoleh kekayaan dari berinvestasi di perusahaan keuangan, produksi minyak sawit, hotel, air kemasan dan banyak lagi.
 
Berlatar belakang pendidikan kedokteran, ia mengambil alih posisi pemimpin di bank milik keluarga, Banco Real, setelah ayahnya meninggal.
 
Di bawah Faria, Banco Real menjadi salah satu bank terbesar di Brasil. Pada tahun 1998 ia menjual institusi itu ke bank Belanda ABN Amro dengan harga US$2,1 miliar, yang kemudian ia gunakan sebagai modal mendirikan bisnisnya.
 
Sementara itu di posisi ketiga gelar ini, diduduki oleh Marcel Adams dan keluarga. Sebagai salah satu investor real estat paling produktif di Kanada, pria berusia 98 tahun ini mendirikan Iberville Developments pada tahun 1958.

Iberville memiliki dan mengelola hampir 8 juta kaki persegi bangunan di kisaran 100 pusat perbelanjaan, ruang kantor, properti industri, dan aset perumahan.
 
Dia mulai bekerja di industri kulit, tetapi mulai berinvestasi di real estat lokal pada pertengahan 1950-an.
 
Selain mereka bertiga, berikut 10 orang terkaya tertua versi majalah Forbes tahun ini:
 
1. Chang Yun Chung (100 tahun)
Kekayaan: US$ 2,1 miliar
 
2. Aloysio de Andrade Faria (98 tahun)
Kekayaan: US$2,1 miliar
 
3. Marcel Adams dan keluarga (98 tahun)
Kekayaan: US$1,7 miliar
 
4. George Joseph (97 tahun)
Kekayaan: US$1,6 miliar
 
5. Robert Kuok (96 tahun)
Kekayaan: US$ 12,8 miliar
 
6. Sumner Redstone (95 tahun)
Kekayaan: US$4,6 miliar
 
7. David Murdock (95 tahun)
Kekayaan: US$1,9 miliar
 
8. Saif Al Ghurair & keluarga (95 tahun)
Kekayaan: US$1,7 miliar
 
9. Charles Munger (95 tahun)
Kekayaan: US$1,6 miliar
 
10. Masatoshi Ito (94 tahun)
Kekayaan US$4,1 miliar.

Saksikan video tentang deretan orang terkaya di planet bumi di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]





(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading