Dapat Suntikan Rp 20 T, Grab Fokus Pengembangan di Indonesia

Fintech - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
06 March 2019 13:30
Dapat Suntikan Rp 20 T, Grab Fokus Pengembangan di Indonesia
Jakarta, CNBC Indonesia - Grab baru saja mengantongi investasi senilai US$ 1,46 miliar atau Rp 20 triliun lebih (kurs US$ 1= Rp 14.000) dari SoftBank Vision Fund. Menggunakan dana tersebut Grab akan melakukan sejumlah pengembangan di Indonesia.

Melalui keterangan tertulisnya, Rabu (6/3/2019), pasca disuntik modal oleh SoftBank Vision Fund, Grab akan memperluas layanannya, seperti layanan keuangan melalui kerjasamanya dengan Tokopedia dan OVO. "Kita memberikan pilihan sistem pembayaran kepada pengguna Grab juga," kata President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata di Gedung Lippo Kuningan, Jakarta, Rabu (6/3/2019).

Selain itu, Grab juga akan memperluas layanan di bidang pengiriman makanan, pengiriman barang, konten dan pembayaran digital. Beberapa layanan yang telah tersedia di open platform Grab (GrabPlatform), salah satunya layanan video on-demand yang bekerja sama dengan HOOQ.


Pada tahun lalu, Grab mengumumkan akan memperluas layanan di bidang kesehatan digital, penyediaan jasa asuransi dan layanan reservasi hotel melalui kerja sama dengan Booking Holdings.

Di bidang bisnis transportasi on-demand, Grab mengklaim telah menguasai 60% pangsa pasar roda dua dan menguasai 70% pangsa pasar roda empat pada . Menggunakan dana investasi ini Grab akan mempercepat perluasan GrabFood dan GrabExpress serta menjalankan bisnis layanan baru di Indonesia.

Sejak mengakuisisi Uber pendapatan Grab hampir naik dua kali lipat dari Maret 2018 hingga Desember 2018. Pendapatan GrabFood tumbuh 45 kali lipat pada periode waktu tersebut. Pada tahun 2018, Grab Financial Group memiliki akses ke lisensi emoney di enam negara ekonomi terbesar di Asia Tenggara.

Sejak diluncurkan di bulan Maret 2019, Grab Financial Group telah melihat pertumbuhan transaksi bulanannya hampir lima kali lipat hingga Desember 2018. Pada periode yang sama, volume instant delivery dan same-day delivery dari GrabExpress juga telah meningkat lebih dari tiga kali lipat di tingkat regional, dan kini telah tersedia di 150 kota.

Tahun lalu, pertumbuhan ekosistem Grab telah tumbuh secara signifikan melalui kerjasama dengan pemimpin Industri global, seperti Toyota, Hyundai, Microsoft, dan Mastercard. Grab juga menjalin kemitraan dengan para pemimpin industri nasional maupun regional diantaranya Central Group dan Kasikorn Bank di Thailand; OVO, Bank BTN dan Bank Mandiri di Indonesia; United Overseas Bank di Singapura; SM Investment Corporation di Filipina; Moca di Vietnam. dan Maybank di Malaysia. (dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading