Suntik Puluhan Triliun, Inilah Deretan Investor Grab & Gojek

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
06 March 2019 13:16
Suntik Puluhan Triliun, Inilah Deretan Investor Grab & Gojek
Jakarta, CNBC Indonesia - Grab Holdings baru saja mengumumkan suntikan dana baru dari investor SoftBank Vision Fund sebesar US$1,46 miliar atau setara Rp 20 triliun lebih (asumsi US$ 1 = Rp 14.000). Suntikan ini menambah valuasi Grab yang sebelumnya telah menyandang status decacorn pertama di Asia Tenggara.

Decacorn menjadi sebutan bagi startup yang memiliki valuasi di atas US$10 miliar. Adapula status unicorn atau bervaluasi US$1 miliar. Artinya, valuasi Grab 10 kali lipat dari startup unicorn.

Softbank masuk dalam putaran pendanaan seri H. Putaran pendanaan Seri H di buka Grab sejak tahun lalu. Jumlah dana yang sudah terkumpul mencapai US$ 5,05 miliar atau setara Rp 70,71 triliun , Crunchbase melaporkan.


Dengan pengumpulan dana ini maka target pendanaan Seri H sudah melebih target karena manajemen menargetkan US$5 miliar. Deretan investor kakap yang masuk dalam putaran pendanaan seri H ini adalah Softbank, Toyota Motor Corporation, Ping An Capital,

Mirae Asset-Never Asia Growth Fund, Microsoft, Booking Holdings, Hyundai Motor Company, Beacon Capital. Ada Yamaha Motor Co, Tokyo Century, Central Group of Company.

President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata menyatakan, injeksi investasi kali ini bukan penutupan dari pendanaan Seri H. "Kita masih akan buka terus [pendanaan]." tandasnya.

Kompetitor Grab, Go-Jek juga melakukan penggalangan dana dari investor dengan membuka pendanaan seri F sejak pertengahan tahun lalu. Saat ini total dana yang dikumpulkan baru US$1,02 miliar atau setara Rp 14,28 triliun.

Investor yang baru saja menyuntikkan dana adalah PT Astra International Tbk (ASII) yang menyuntikkan dana US$100 juta. Ini kali kedua Astra suntik Go-Jek, sebelumnya Astra telah suntikkan US$150 juta ke Go-Jek.

Investor yang masuk penggalangan dana seri F putaran pertama Go-Jek adalah Tencent, JD.com dan Google. Rumor yang beredar di pasar menyebutkan Go-Jek menargetkan US$2 miliar dari pendanaan seri F.

Saksikan video Bos Grab Bicara Soal Persaingan

[Gambas:Video CNBC] (dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading