Ponsel

Samsung & Huawei Luncurkan Ponsel 5G, Perlukah Dibeli?

Fintech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
05 March 2019 14:53
Masalah kompatibilitas

Masalah kompatibilitas

Terima kasih kepada semua orang yang menggunakan 4G LTE, saat ini sudah sampai pada titik di mana telepon dapat digunakan hampir semua operator dan masih berfungsi. Lalu Kemudian 5G hadir.

Meskipun semua orang menggunakan teknologi nirkabel yang sama, operator menggunakan pita spektrum yang berbeda. Chip dan antena generasi pertama tidak dapat memanfaatkan semua frekuensi tersebut secara bersamaan.


Sebaliknya, ponsel 5G apa pun yang Anda beli yang memiliki modem Qualcomm X50 (yang pada dasarnya adalah ponsel 5G apa pun kecuali yang dari Huawei) akan diikat ke operator tertentu. Telepon 5G yang Anda beli untuk Verizon hanya akan berfungsi di jaringan 5G Verizon.


Setelah chip X55 dan radio Qualcomm baru keluar, telepon akan dapat berjalan di semua band spektrum utama, di seluruh dunia. Itu berarti kita akhirnya bisa mendapatkan ponsel 5G yang tidak terkunci - jika itu yang dipilih oleh pembuat handset.

Belum ada aplikasi pembunuh

Selama MWC ditampilkan 5G dapat mengubah pengalaman di ponsel Anda. Misalnya, panggilan video dan game tingkat konsol yang dipoles berjalan dengan lancar, berkat banyak daya pemrosesan yang ditangani dari jarak jauh.

"Tantangan industri adalah menemukan aplikasi apa yang menunjukkan kekuatan maksimal 5G," kata Dan Hays, seorang konsultan untuk PWC.  

Aplikasi-aplikasi itu akan datang, walaupun itu membutuhkan waktu. Ingat, sampai 4G meningkatkan kualitas layanan Uber atau live streaming melalui Facebook tidak ada, dan menonton video streaming dari orang-orang seperti Netflix dan YouTube tidak lepas landas.

Tetapi di masa-masa awal, mungkin tidak ada banyak cara untuk memanfaatkan semua bandwidth itu.



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading