Ponsel

Samsung & Huawei Luncurkan Ponsel 5G, Perlukah Dibeli?

Fintech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
05 March 2019 14:53
Ponsel mahal

Ponsel mahal

Tidak ada yang benar-benar tahu berapa harga rata-rata perangkat 5G ketika diluncurkan ke konsumen. Dari semua handset 5G yang sudah diumumkan, hanya dua yang sudah memiliki label harga.

Huawei di MWC mengatakan Mate X-nya akan dijual sebesar US$ 2.600 (Rp 36.774.660) saat mulai dijual pada pertengahan tahun. Itu lebih mahal daripada perkiraan, meskipun itu salah satu ponsel lipat pertama di dunia. Tapi ketika diluncurkan di bulan Mei, Mi Mix 3 5G milik Xiaomi akan dijual seharga US$679, jumlah yang bisa di bilang setara dengan mayoritas ponsel 4G hign end saat ini.


Perangkat mungkin akan memiliki harga ekstrim, tetapi saat ini benar-benar tidak ada yang tahu. Lalu fitur juga dapat ditambahkan untuk meningkatkan harga. Biaya besar Mate X sebagian besar disebabkan oleh tampilan yang dapat dilipat.


Pada akhirnya, fitur tambahan yang ditambahkan ke ponsel 5G "akan menentukan premium," kata analis Strategi Kreatif Carolina Milanesi. "Yakinlah, akan ada satu."

Operator menghabiskan miliaran dolar untuk membangun jaringan 5G. Pembuat perangkat perlu menggunakan komponen yang lebih mahal seperti radio 5G dan baterai yang lebih besar. Biaya yang lebih tinggi itu kemungkinan akan mengalir ke Anda melalui layanan dan telepon yang lebih mahal. Peralihan ke 5G memberi operator dan pembuat telepon kesempatan untuk mengenakan biaya lebih banyak untuk kecepatan tertinggi pada saat belum menjual banyak perangkat.

Drew Blackard, direktur senior pemasaran produk Samsung, mengatakan kepada CNET setelah acara Unpacked perusahaan bahwa Galaxy S10 5G akan lebih merupakan "peningkatan bertahap" dari S10 Plus, bukan lompatan besar seperti Galaxy Fold US$1.980. Ia mencatat itu akan lebih dari US$100 lebih mahal tetapi menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut.

Presiden Motorola Sergio Buniac, sementara itu, percaya bahwa meskipun perangkat 5G mungkin lebih mahal, mereka tidak akan terlalu mahal. OnePlus bertujuan untuk menjaga biaya ponsel 5G pertamanya "pada US$1.000," kata CEO Pete Lau dalam sebuah wawancara Senin.

"Awalnya, harga ponsel 5G akan lebih tinggi dari ponsel 4G, itu sudah pasti," Yenchi Lee, direktur senior pemasaran produk untuk bisnis komunikasi nirkabel MediaTek, mengatakan dalam sebuah wawancara pada Senin. Perusahaan minggu ini meluncurkan modem 5G pertamanya, yang akan ada di smartphone pada awal 2020.

Begitu chip seperti prosesor Snapdragon 5G terintegrasi Qualcomm yang baru memasuki pasar tahun depan, perusahaan yang membuat ponsel lebih murah juga akan dapat memasukkan 5G dalam perangkat mereka.

"Kami berusaha mencapai 5G tidak hanya ke tingkat unggulan itu tetapi ke tingkat lain secepat yang kami bisa," kata Amon dari Qualcomm. Chip terintegrasi akan ada di ponsel pada paruh pertama tahun 2020.



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading