Ponsel

Samsung & Huawei Luncurkan Ponsel 5G, Perlukah Dibeli?

Fintech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
05 March 2019 14:53
Cakupan kecil

Cakupan kecil

AT&T mengklaim sebagai perusahaan yang memiliki jaringan 5G seluler pertama di Amerika Serikat (AS), tetapi ketika sampai di mana Anda dapat memanfaatkan layanan generasi berikutnya, segalanya menjadi sedikit misterius.

"Mereka kantong kecil di kota-kota," kata Fuetsch, mencatat bahwa semua pelanggan yang menggunakan Hotgear Nighthawk 5G Mobile Hotspot yang merupakan bisnis kecil. "Kami belum mengungkapkannya secara terbuka."


AT&T dan Verizon telah berinvestasi dalam gelombang radio frekuensi super yang dikenal sebagai spektrum gelombang milimeter, yang membawa kecepatan dan kapasitas luar biasa. Kelemahan dari kapasitas tinggi adalah rentang terbatas.


Seberapa terbatas? Kira-kira satu atau dua blok.

Jadi, bahkan jika AT&T dan Verizon mengatakan mereka memiliki jangkauan 5G di suatu kota, Anda mungkin kesulitan untuk benar-benar masuk ke jaringan, bahkan dengan perangkat yang kompatibel. Seorang juru bicara Verizon mengakui penyebaran awal akan kecil. Dilansir dari CNET.

Chief Technology Officer T-Mobile Neville Ray mengatakan perusahaannya telah meluncurkan spektrum gelombang milimeter yang mendukung Galaxy S10 5G yang akan datang. Tetapi perusahaan tersebut kemungkinan tidak akan memasarkan jaringan karena area jangkauannya sangat kecil.

Neville Ray mengatakan peluncuran 5G sepenuhnya dari T-Mobile akan terjadi pada paruh kedua tahun 2019. Ia tidak mengatakan kapan, tetapi mungkin tidak ada ponsel yang berjalan pada jaringan 5G perusahaan yang lebih luas hingga kuartal keempat, atau bahkan awal 2020.

Itu karena perangkat untuk jaringan T-Mobile akan memerlukan modem generasi kedua yaitu Qualcomm, X55, dan itu belum tersedia untuk digunakan oleh perangkat.

Smartphone yang diluncurkan tepat waktu pada liburan akhir tahun ini masih akan menggunakan modem generasi pertama, X50, Amon Qualcomm mengatakan dalam sebuah wawancara pada Senin.

"Ada beberapa [pembuat handset] yang agresif dengan tanggal peluncuran mereka," katanya. "Kita bisa melihat beberapa X55, tetapi sebagian besar smartphone yang datang dari kuartal 2 (K2) 2019 hingga musim liburan adalah ... X50."

Seorang juru bicara T-Mobile hanya akan mengatakan peluncuran jaringan yang lebih luas akan terjadi di babak kedua.

Baik Ray dan Fuetsch memotret untuk cakupan nasional menggunakan spektrum frekuensi yang lebih rendah (dan lebih panjang) pada tahun 2020.

Operator dengan cakupan 5G awal terbesar sebenarnya bisa saja Sprint. Sprint mengatakan akan mencakup lebih dari 1.000 mil persegi dengan jaringan 5G, yang tersebar di sembilan kota, seperti Chicago dan New York.

Tidak ada operator lain yang membicarakan kisaran cakupan penuh mereka, yang tidak meyakinkan bagi siapa pun yang mau membeli ponsel 5G. Kami juga tidak tahu berapa biaya paket 5G seluler. 



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading