Ponsel

Samsung & Huawei Luncurkan Ponsel 5G, Perlukah Dibeli?

Fintech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
05 March 2019 14:53
Jakarta, CNBC Indonesia - Pada pagelaran Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, Presiden Qualcomm Cristiano Amon menyatakan dengan percaya diri, "Smartphone sudah siap; kami hanya menunggu jaringan (5G)."

Sekitar satu jam kemudian, di ruang briefing, hanya 10 kaki di bawah aula utama, Kepala Teknologi AT&T Andre Fuetsch mengatakan kepada CNET, "Masalahnya adalah perangkat. Terus terang, kami sedang menunggu perangkat."


Setelah bertahun-tahun mengerjakan jaringan 5G dan digembar-gemborkan sebagai fondasi yang mengubah hidup tren teknologi seperti augmented reality (AR) dan telemedicine, teknologi nirkabel super cepat ini akhirnya diluncurkan di seluruh dunia.


Operator mulai menghidupkan jaringan mereka, dan hampir setiap pembuat handset Android besar telah membicarakan rencana untuk meluncurkan perangkat 5G tahun ini.

Namun, sebagaimana dibuktikan oleh komentar yang saling bertentangan dari AT&T dan Qualcomm, ada beberapa hal yang sedikit rumit. Walaupun 5G sudah berjalan, terkadang terjadi kekacauan yang membingungkan.

Pembuat smartphone terbesar di dunia, Samsung meluncurkan Galaxy S10 5G minggu lalu selama acara Unpacked di San Francisco. Oppo pada hari Minggu (3/3/2019) di MWC membicarakan telepon 5G pertamanya yang belum bernama.

Kemudian pada hari itu, Huawei memamerkan Mate X 5G-nya yang dapat dilipat, dan Xiaomi juga ikut dengan Mi Mix 3 5G-nya. MWC juga menandai debut LG V50 ThinQ dan ZTE's Axon 10 Pro, sementara Sony dan OnePlus memamerkan prototipe untuk perangkat yang akan mereka luncurkan tahun ini.

Berikut adalah beberapa alasan untuk menahan diri membeli ponsel jaringan 5G dan menunggu sebentar lagi.

Saksikan video tentang teknologi jaringan 5G di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
1 dari 5 Halaman
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading