Kerja Sama dengan Kepolisian, Grab Bantu Cari Anak Hilang

Fintech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
04 March 2019 16:53
Kerja Sama dengan Kepolisian, Grab Bantu Cari Anak Hilang
Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah mendapatkan status decacorn, Grab Holding tidak berhenti melakukan inovasi termasuk dalam layanan dan keselamatan masyarakat.

Dalam inovasi terbaru, Grab mengumumkan kerja sama dengan Kepolisian Kerajaan Malaysia atau Polis DiRaja Malaysia (PDRM). Dengan kerjasama ini, pengemudi yang bermitra dengan Grab di 35 kota di seluruh Malaysia akan mulai menerima peringatan National Urgent Response (NUR).

NUR adalah Sistem Peringatan Respons Darurat Nasional yang merupakan inisiatif nasional. Tujuannya adalah membantu menyebarkan pemberitahuan jika ada informasi terkait anak hilang di bawah usia 12 tahun. Kerjasama ini bagian dari Rencana Aksi dan Kebijakan Perlindungan Anak Nasional Malaysia.


Peringatan NUR dibagikan oleh penegak hukum dan badan pengatur ketika ada pengumuman terkait laporan anak hilang yang menjadi korban pelecehan atau kejahatan lainnya. Kolaborasi antara keduanya akan membantu penyebaran peringatan NUR lebih cepat.

"Pentingnya tindakan cepat dan tegas tidak bisa dilebih-lebihkan ketika harus mengidentifikasi, menyelamatkan, memulihkan, atau melindungi anak di Malaysia yang menjadi korban kejahatan. Sistem Peringatan NUR adalah bagian penting dari pertahanan nasional kita terhadap siapapun yang akan membahayakan anak-anak kita," kata Deputy Woman, Family and Community Development Minister, Grab Malaysia, YB Hannah Yeoh.

Sementara itu, Country Head Grab Malaysia, Sean Goh mengatakan pihaknya berkomitmen untuk menciptakan Asia Tenggara yang lebih aman. Ini adalah pendekatan jangka panjang yang berfokus pada bidang inti yang akan fokus ke peta jalan teknologi keselamatan.

Menurutnta, Grab menjalin kemitraan dengan organisasi yang sepaham seperti Kementerian Perempuan, Pengembangan Keluarga dan Masyarakat, dan program pendidikan. Tujuan Grab lainnya adalah menyediakan layanan sehari-hari yang penting bagi pelanggan dan juga mitra melalui penggunaan data dan teknologi.

"Karena jejak kami telah berkembang selama bertahun-tahun, demikian juga kemampuan kami untuk menggunakan jaringan Grab dengan berbagai cara. Pihak berwenang melakukan yang terbaik, tetapi kekuatan untuk memiliki ratusan ribu warga Malaysia saling menjaga, berbagi informasi, dan bekerja bersama untuk menjadikan setiap hari, lebih aman bagi kita semua, itu benar-benar kunci untuk membantu kita maju sebagai sebuah bangsa," katanya.

Selain membagikan peringatan NUR ke jaringan mitra driver, Grab juga akan mengeksplorasi peningkatan lebih lanjut untuk mengembangkan cara-cara baru untuk meningkatkan kesadaran tentang peringatan NUR kepada penumpang dan masyarakat luas.

Bekerja sama dengan Pemerintah adalah kunci strategi jangka panjang Grab untuk keselamatan demi kemajuan masyarakat. Hal ini termasuk memberikan cara yang aman dan nyaman untuk menikmati transportasi, pengiriman makanan dan paket dan pembayaran tanpa uang tunai yang tersedia untuk semua. Fokus keselamatan juga meluas untuk memastikan lingkungan tanpa pelecehan atau tindakan kegiatan kriminal dalam bentuk apapun.

"Hari ini, kami adalah satu-satunya pemain utama yang berinvestasi dalam sumber daya utama seperti pusat dukungan pelanggan 24/7. Kami tidak berkompromi dengan keamanan pengguna kami, dan itulah sebabnya meskipun Grab telah tumbuh jauh lebih besar selama bertahun-tahun, keamanan masih merupakan inti dari semuanya," tambah Goh.

Saksikan video Inovasi-Inovasi Grab

[Gambas:Video CNBC] (dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading