Mohon Maaf! Penguna Iphone Belum Bisa Gunakan BCA Keyboard

Fintech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
23 February 2019 19:11
Mohon Maaf! Penguna Iphone Belum Bisa Gunakan BCA Keyboard
Jakarta, CNBC Indonesia - Perbankan terus berlomba melakukan terobosan dalam menyuguhkan layanan digital banking untuk nasabah dengan fitur-fitur yang semakin memudahkan transaksi.

Setelah sebelumnya merilis fitur QRku dan OneKlik, pada hari ini PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) meresmikan produk widget keyboard yang dinamai BCA Keyboard.

"BCA keyboard bisa dipakai di semua aplikasi chatting, tidak perlu keluar lagi dari aplikasi untuk transaksi...Jadi mayoritas masih Android, Iphone masih belum bisa," kata Jahja Setiaatmadja pada acara BCA Anniversary di ICE BSD, Tangerang Selatan, Sabtu (23/2/2019).
Mohon Maaf! Penguna Iphone Belum Bisa Gunakan BCA KeyboardFoto: Infografis/Harga iPhone Terbaru/Arie Pratama

Fitur itu akan memudahkan nasabah untuk bertransaksi melalui keyboard tanpa harus membuka aplikasi Mobile-BCA di ponsel. Inovasi ini sebelumnya lebih dulu diterapkan dalam aplikasi Jenius milik PT Bank BTPN Tbk (BTPN).


Untuk mengaktifkan layanan tersebut, nasabah harus melakukan aktivasi terlebih dulu di layanan mobile BCA (m-BCA). Langkah berikutnya, nasabah harus menjadikan widget BCA Keyboard tersebut di keyboard utama smartphone.

Setelah kedua langkah itu selesai, nasabah bisa langsung bertransaksi dengan menyentuh ikon BCA yang berada di sisi bawah keyboard sebelah kiri.

Artinya, dengan fitur tersebut, transaksi mobile banking kini bisa dilakukan sambil membuka aplikasi appaun yang menggunakan keyboard seperti WhatsApp.

Beberapa fitur yang bisa dilakukan di BCA Keyboard antara lain: cek saldo, transfer ke rekening Bank BCA maupun virtual account, hingga cek mutasi rekening. Bukti transaksinya juga tidak harus di-screen shoot, karena dapat dibagikan dengan mudah.

Namun, fitur BCA Keyboard, saat ini masih belum tersedia untuk layanan transfer antar rekening bank lain dan hanya tersedia di Android.

"Karena pengguna mayoritas masih Android, versi iPhone saat ini masih belum," ujarnya.

Jenius Keyboard
Sebelumnya, aplikasi digital banking besutan PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN), Jenius telah meluncurkan Jenius Keyboard yang diluncurkan pada Januari 2019. Fiturnya kurang lebih sama dengan yang dimiliki BCA Keyboard. Layanan Jenius Keyboard juga baru tersedia bagi pengguna Android.

Sejumlah fitur yang bisa dilakukan di Jenius Keyboard, selain mengecek saldo aktif juga bisa mengakses transfer dana, menyalin nomor rekening dari perbincangan di aplikasi chatting dan langsung menggunakannya untuk mengirim uang.

Selain itu, juga bisa mengirim uang menggunakan metode SKN atau RTGS, menagih uang, mengirim data pribadi hingga mengunduh bukti transaksi dan mengirimnya ke aplikasi chatting.



Bos BCA Bicara Soal Likuiditas
[Gambas:Video CNBC] (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading