Harga iPhone Mahal, Apple Tawarkan Cicilan Bunga 0%

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
22 February 2019 13:12
Harga iPhone Mahal, Apple Tawarkan Cicilan Bunga 0%
Jakarta, CNBC IndonesiaApple Inc masih berusaha meningkatkan penjualan iPhone di pasar-pasar utamanya demi menjaga pertumbuhan pendapatan. Terbaru Apple menawarkan pembelian iPhone dengan cicilan bunga 0% selama dua tahun.

Skema ini berlaku untuk konsumen China. Dalam pembelian iPhone anyar ini, Apple menggandeng Alipay dan harga ponselnya minimal 4.000 yuan atau setara US$595 per unit. Opsi ini mulai ditawarkan minggu ini, Wall Street Journal melaporkan dan dikutip CNBC International, Jumat (22/2/2019).

Dengan tawaran ini Apple berharap pelanggan China bisa membeli iPhone model terbaru, termasuk XR, yang merupakan opsi termurah dengan harga 6.499 yuan, menurut situs Apple China.


Keputusan Apple menggandeng Alipay dalam skema cicilan 0% ini cukup menarik. Sebab layanan dompet digitalnya, Apple Pay gagal di China. Tak banyak masyarakat China yang memanfaatkan Apple Pay, sementara pengguna aktif Alipay di China sudah mencapai 700 juta pengguna.

Huabei, layanan Alipay yang akan menalangi pembelian Apple, bertindak seperti kartu kredit virtual.

Harga iPhone Mahal, Apple Tawarkan Cicilan 0% Untuk 2 TahunFoto: infografis/ Produk Apple tidak laku di negara berkembang/ Aristya Rahadian krisabella

Sebelumnya, Alipay telah menawarkan cicilan 0% selama satu tahun untuk produk Apple, tawaran cicilan 0% selama 24 bulan yang baru akan tersedia hingga 25 Maret, WSJ melaporkan.

Perusahaan induk Alipay, Ant Financial, menolak berkomentar dan Apple tidak segera menanggapi permintaan komentar CNBC.


Penurunan penjualan iPhone di China memang menjadi perhatian investor Apple
. China adalah pasar terbesar ketiga untuk produk Apple. CEO Apple Tim Cook sudah menyatakan akan ada penurunan penjualan di China.

Penyebabnya, lesu ekonomi China dan dolar AS yang terus menguat yang membuat harga iPhone kemahalan di sejumlah negara. Hal ini akan membuat pendapatan perusahaan terpukul.

Untuk mengantisipasi penurunan, Apple sedang menggenjot bisnis layanan berlangganan.


Simak video buka-bukaan bos Apple soal kondisi penjualan iPhone di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]



(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading