Internasional

'Nge-Twit' Aneh Soal 6G, Trump Melunak ke Huawei?

Fintech - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
22 February 2019 06:59
'Nge-Twit' Aneh Soal 6G, Trump Melunak ke Huawei?
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengunggah sejumlah kicauan atau twit ke akun media sosial Twitter-nya, Kamis (21/2/2019) pagi waktu setempat, dan menyebut teknologi nirkabel "6G".

Kicauannya itu menunjukkan posisi yang lebih kalem terhadap perusahaan teknologi asal China, Huawei, yang selama ini jadi korban bulan-bulanannya.



Kicauan itu terlihat aneh karena teknologi 6G tidak ada. Berbagai perusahaan telekomunikasi AS baru saja mengembangkan teknologi 5G dan mereka tengah mengalami persaingan yang ketat dengan perusahaan-perusahaan China yang lebih maju dalam hal ini.


"Saya ingin teknologi 5G, dan bahkan 6G, di Amerika Serikat secepatnya... Perusahaan-perusahaan Amerika harus meningkatkan upaya mereka atau tertinggal di belakang," tulisnya.

"Saya ingin Amerika Serikat menang melalui persaingan, bukan dengan memblokir teknologi yang lebih maju saat ini," tambahnya.

'Nge-Twit' Aneh Soal 6G, Trump Melunak ke Huawei?Foto: Twit Presiden AS Donald Trump Soal 6G (Foto: Twitter)

Trump tidak menyebut nama China atau Huawei, namun sepertinya kedua hal itulah yang ia rujuk. Berbagai perusahaan China saat ini menjadi pemimpin teknologi 5G dunia.

Selain itu, AS dan China juga tengah melanjutkan negosiasi perdagangannya jelang tenggat waktu 1 Maret mendatang. Trump sebelumnya telah mengisyaratkan bersedia memperpanjang tenggat waktu tersebut bila kedua belah pihak telah mendekati kata sepakat.


Tidak jelas apakah pelarangan penggunaan produk Huawei dan ZTE akan menjadi topik negosiasi tersebut.

Trump sebelumnya dilaporkan tengah menyiapkan aturan yang akan melarang Huawei dan ZTE beroperasi di AS yang akan membuat perusahaan dalam negeri dapat lebih mudah membangun teknologi 5G mereka. Namun, aturan itu berpotensi merusak proses negosiasi yang sedang berjalan mulus ini.

AS dan beberapa negara sekutunya telah lama mencurigai peralatan buatan Huawei dapat digunakan oleh pemerintah China untuk memata-matai mereka. Huawei dan Beijing telah berulang kali membantah hal tersebut.


Saksikan video pernyataan pemerintah China mengenai Huawei berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading