Wah, Sekarang Bisa Naik Grab Sambil Bawa Hewan Peliharaan

Fintech - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
20 February 2019 15:50
Wah, Sekarang Bisa Naik Grab Sambil Bawa Hewan Peliharaan
Jakarta, CNBC Indonesia - Grab sekarang akan mempersilakan Anda membawa teman berbulu Anda dalam perjalanan.

Startup decacorn itu pada Rabu (20/02/2019) mengumumkan bahwa mereka telah meluncurkan versi beta dari GrabPet, sebuah cabang layanan ride-hailing miliknya yang menyediakan transportasi bagi hewan peliharaan.

Kepala Grab Singapura, Lim Kell Jay, mengatakan perusahaan itu meluncurkan layanan tersebut karena pemilik hewan peliharaan di Singapura merasa sulit untuk bepergian dengan hewan peliharaan mereka akibat "pilihan transportasi yang terbatas".


"Kebutuhan pengguna kami, tidak peduli seberapa kecil ceruknya, penting bagi kami," tambahnya, seperti dilansir dari Business Insider.


Perusahaan mengklaim, GrabPet adalah satu-satunya layanan transportasi hewan peliharaan di Singapura yang mencakup perlindungan asuransi untuk hewan peliharaan di dalamnya.

Layanan ini akan beroperasi seperti halnya GrabCar, yang memungkinkan pengguna memesan kendaraan berdasarkan permintaan. Grab mengklaim ini berbeda dengan layanan transportasi hewan peliharaan yang ada di pasaran, yang semuanya mengharuskan pemesanan jauh-jauh hari.

Layanan serupa sebelumnya dioperasikan oleh Uber sebelum perusahaan teknologi Amerika itu menggabungkan bisnis ride-hailing-nya dengan Grab. Pengguna UberPet dikenakan biaya tambahan SG$ 2 (Rp 20.773) di luar ongkos perjalanan mereka.

Wah, Sekarang Bisa Naik Grab Sambil Bawa Hewan PeliharaanFoto: Mobil Listrik Grab (dok. Grab)

Driver Grab saat ini memiliki opsi untuk menjadi driver GrabPet dengan mengaktifkan atau menonaktifkan layanan melalui aplikasi, kata Grab. Harga untuk perjalanan GrabPet mulai dari SG$ 14 dan layanan ini diharapkan menjadi sumber pendapatan tambahan untuk driver.

Perusahaan menambahkan bahwa mereka akan menyumbangkan SG$3 dari setiap perjalanan GrabPet ke SPCA hingga Maret.

Namun, karena ini adalah kendaraan yang sama yang digunakan untuk mengendarai penumpang pada perjalanan Grab, pengemudi juga harus "memastikan bahwa mobil mereka bersih dan terawat dengan baik," kata Grab.

Untuk mempersiapkan pengemudinya mengangkut hewan peliharaan, Grab mengatakan telah bekerja sama dengan pelatih anjing pemenang penghargaan, Patrick Wong, untuk mengajar ratusan pengemudi cara menangani hewan peliharaan.

Mobil-mobil pengemudi yang memberi layanan GrabPet juga akan memiliki penutup kursi belakang yang dapat dilipat dan tali pengikat yang dapat disesuaikan, serta handuk serat mikro dan penyegar udara.



Maksimal dua ukuran sedang (atau satu ukuran besar), hewan peliharaan yang disetujui AVA diizinkan pada setiap perjalanan, dan harus diikat dengan tali atau diletakkan di dalam kerangkeng. Beberapa ras anjing, termasuk Bull Terrier, Rottweiler, dan Jerman Shepherds, harus dipasangi penutup mulut.

Namun demikian, burung adalah satu-satunya pengecualian, hewan tersebut tidak diizinkan melakukan perjalanan, karena penyegar udara yang digunakan dalam mobil dapat menimbulkan risiko kesehatan bagi mereka.


Saksikan video mengenai persaingan OVO dan Gopay berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading