Cryptocurrency

Harga Bitcoin Cs Anjlok, Perusahaan Ini Rugi Rp 7 T

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
20 February 2019 13:35
Harga Bitcoin Cs Anjlok, Perusahaan Ini Rugi Rp 7 T
Jakarta, CNBC Indonesia - Produsen hardware penambangan cryptocurrency, Bitmain Technologies Ltd, melaporkan kehilangan keuntungan sebesar US$500 juta atau setara Rp 7 triliun (asumsi US$1 = Rp 14.000) pada kuartal III-2018 karena anjloknya harga mata uang digital, Coindesk melaporkan, Rabu (20/2/2019).

Perusahaan yang berbasis di Beijing baru-baru ini memberikan pembaruan kinerja keuangannya ke Bursa Efek Hong Kong. Bitmain sedang menunggu restu bursa untuk melakukan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO).


Dalam laporan terbaru perusahaan mencatatkan laba sebesar US$500 juta dengan pendapatan sebesar US$3 miliar. Padahal kuartal II-2018, Bitcman mencatatkan laba US$1 miliar, ujar sumber yang mengetahui situasi tersebut.


Coindesk mencoba mengkonfirmasi informasi kepada Bitmain tetapi manajemen menolak berkomentar. Tetapi sebuah media lokal China Caijing mengutip seorang perwakilan Bitmain menyangkal informasi tersebut dan menyebutnya sebagai rumor belaka. "Kami akan membuat pengumuman pada waktunya dengan persyaratan dan hukum yang relevan," ujar perwakilan Bitmain tersebut.

Tetapi tanda-tanda pelemahan kinerja keuangan perusahaan pada akhir tahun lalu di mana Bitmain melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dan penutupan kantor di seluruh dunia. Bisnis utama Bitmain adalah memproduksi peralatan yang berkaitan dengan penambangan Bitcoin Cs. Bisnisnya lesu karena harga cryptocurrency anjlok.

Harga Bitcoin Cs Anjlok, Perusahaan Ini Rugi Rp 7 TFoto: infografis/infografis 10 mata uang digital terpopuler dunia dan kapitalisasi pasar di atas US$ 1 miliar/Aristya Rahadian Krisabella

Dalam laporan terbaru tersebut juga dilaporkan turunnya aset cryptocurrency yang dipegang perusahaan dari US$800 juta pada 30 Juni 2018 menjadi US$700 juta pada kuartal III-2018, menurut sumber Coindesk.

Asal tahu saja, Bitcoin dan mata uang digital lainnya mencetak nilai tertinggi pada akhir 2017 lalu. Setelahnya harga mata uang digital cenderung menurun karena terus berkurangnya euforia masyarakat akan Bitcoin Cs.

Bitmain sudah mengajukan rencana IPO pada kuartal III-2018 bersama dengan Xioami Corp. Namun hingga kini baru Xioami yang mendapat restu IPO dari, sementara Bursa Hong Kong masih ragu dengan kondisi keuangan perusahaan ke depan.

Saksikan video tentang Bitcoin di bawah ini:

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading