Deretan Investor Asing di Balik Unicorn Kebanggaan Jokowi

Fintech - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
18 February 2019 - 07:11
Deretan Investor Asing di Balik Unicorn Kebanggaan Jokowi
Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam debat calon presiden (capres) kedua yang diadakan di Jakarta, Minggu (17/2/2019), calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo melontarkan pertanyaan mengenai cara memajukan industri startup dalam negeri kepada calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto.

Dalam tanggapannya terhadap jawaban Prabowo, Jokowi menyebutkan bahwa Indonesia saat ini telah memiliki empat unicorn.



Unicorn adalah perusahaan rintisan atau startup yang memiliki valuasi hingga US$1 miliar. Valuasi startup sendiri adalah nilai ekonomi dari bisnis yang dilakukan sebuah startup.


Dalam beberapa kesempatan, Jokowi selalu mengatakan telah ada empat startup unicorn di Indonesia, yaitu Tokopedia, Gojek, Bukalapak, dan Traveloka.

Lantas, siapakah di balik empat startup unicorn yang jadi kebanggaan sang presiden tersebut?

Dari berbagai sumber yang dirangkum CNBC Indonesia, Tokopedia rupanya menjadi unicorn yang paling banyak melakukan putaran penggalangan dana tetapi Gojek adalah unicorn bervaluasi tertinggi.

Deretan Investor Asing di Balik Unicorn Kebanggaan JokowiFoto: infografis/infografis investor di balik unicorn indonesia/Aristya Rahadian Krisabella

Tokopedia telah berhasil mengumpulkan dana lebih dari US$2,4 miliar dalam sembilan putaran penggalangan dana. Valuasi Tokopedia saat ini diperkirakan sudah mencapai US$5,9 miliar.

Deretan investornya tercatat mulai dari Alibaba Group dari China, Softbank Grup dari Jepang, dan Sequoia Capital dari India.

Gojek, menurut laporan Techcrunch, telah tujuh kali melakukan putaran penggalangan dana dan mendapat suntikan di atas US$3 miliar. Saat ini Gojek diisukan memiliki valuasi mendekati US$10 miliar.


Investor Gojek adalah Tencent Holdings, JD.com, New World Strategic Invesment dari China, Google dari AS, Temasek Holdings dan Hera Capital dari Singapura, dan Astra International dan GDP Ventures dari Indonesia.

Sementara itu, Traveloka melakukan empat kali putaran penggalangan dana dengan total suntikan dana di atas US$500 juta. Deretan investor Tokopedia adalah Expedia, GFC dan Sequoia Capital dari AS, Hillhouse Capital dan JD.com dari China.

Bukalapak baru enam kali melakukan putaran penggalangan dana dengan total di atas US$200 juta. Deretan investor Bukalapak adalah Ant Financial dari China, Mirae Asset dan Naver Asia dari Korea Selatan, GIC dari Singapura, dan Emtek Grup dari Indonesia.


Saksikan video mengenai tiga pemuda di balik startup unicorn Indonesia berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading